Gagalkan Pembajakan, Kru Pesawat Dapat Mobil

Pesawat maskapai Air China di Bandara Beijing
Sumber :
  • REUTERS/David Gray

VIVAnews - Maskapai di China memberi hadiah mobil dan properti kepada sembilan kru pesawat yang berhasil menggagalkan upaya pembajakan di dalam pesawat. Mereka juga dianugerahi gelar "pahlawan" oleh pemerintah setempat.

Diberitakan BBC, Senin 9 Juli 2012, ke sembilan kru pesawat tersebut dihadiahi mobil Audi, uang tunai dan properti oleh Kelompok Maskapai Hainan.

Tiga di antaranya, yaitu dua petugas keamanan dan manajer kabin, mendapatkan masing-masing uang tunai dan properti senilai empat juta yuan atau sekitar Rp5,9 miliar. Sementara yang lainnya masing-masing mendapat aset senilai 2,5 juta yuan atau setara Rp3,6 miliar.

Penyerahan hadiah dilakukan pada sebuah upacara resmi di Haikou, ibukota provinsi Hainan. Selain itu, mereka mendapatkan gelar pahlawan dari pemerintah Hainan dan Xinjiang.

Ke sembilan kru Maskapai Tianjing ini dinilai berjasa dalam menggagalkan upaya pembajakan di pesawat yang terbang dari Hotan menuju Urumqi di provinsi Xinjiang pada 29 Juni lalu. Menurut laporan polisi, saat itu enam orang pembajak berusaha menerobos ke dalam kokpit menggunakan senjata alumunium.

Kru pesawat dibantu oleh penumpang berhasil melumpuhkan keenam orang pembajak itu. Pesawat kembali ke Hotan dan tersangka yang kesemuanya adalah etnis Uighur ditahan.

Kata Media Asing usai Timnas Indonesia Tekuk Australia: Impian Shin Tae-yong Bakal Jadi Kenyataan

Peristiwa itu terjadi selang beberapa hari sebelum peringatan tiga tahun kerusuhan anti etnis Han di Urumqi yang menewaskan 200 orang pada Juli 2009 silam.

Suasana di salah satu tempat pelayanan kesehatan masyarakat di Surabaya. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)

61 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Surabaya, Kenali Gejala-gejalanya

Sebanyak 61 kasus flu singapura terdeteksi di Surabaya, Jawa Timur sepanjang Januari hingga 16 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024