12-8-1990: Penemuan Kerangka T-Rex Terbesar

Spesimen kerangka Tyrannosaurus Rex
Sumber :
  • ScottRobertAnselmo / Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported

VIVAnews - Pada 22 tahun yang lalu, seorang pemburu fosil bernama Susan Hendrickson menemukan tiga buah tulang besar di suatu jurang di South Dakota, AS. Setelah diteliti, tulang-tulang itu merupakan bagian dari kerangka Tyrannosaurus rex terbesar.

Menurut The History Channel, tulang belulang hewan buas pemakan daging itu ditaksir sudah berusia 65 juta tahun. Kerangka T-Rex itu dinamai Sue, sesuai nama panggilan Hendrickson.

Tim penemu berhasil mengumpulkan 90 persen kerangka Sue. Keadaannya masih tergolong baik. Institut Peneliti Geologi Black Hills, yang mempekerjakan Hendrickson, merogoh kocek US$5.000 kepada pemilik lahan agar bersedia tanahnya digali untuk mengumpulkan kerangka Sue.

Pada Oktober 1997, pengelola Museum Field di Chicago bersedia mengeluarkan dana US$8,36 juta untuk membeli kerangka Sue yang dijual di balai lelang Sotheby's di New York. Pembelian kerangka itu disponsori oleh McDonald's dan Disney.

Kerangka Sue akhirnya menjadi pajangan di Museum Field sejak Mei 2000. Penemuan kerangka ini membuat tim ilmuwan makin mudah meneliti kehidupan di zaman purbakala. Mereka dapat mengetahui bahwa hewan karnivora ini punya indera penciuman yang luar biasa. Ini merupakan kerangka T-Rex terbesar yang pernah ditemukan.

Perburuan Top Skor Liga 1 Memanas! Flavio Silva Ancam David Da Silva
Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 28 Maret 2024. Salah satunya tentang Sandra Dewi yang kena hujat netizen karena suaminya jadi tersangka kasus dugaan korupsi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024