AS Tak Yakin Israel Sudah Mantap Gempur Iran

Instalasi nuklir Bushehr milik Iran.
Sumber :
  • Reuters/Raheb Homavandi

VIVAnews - Amerika Serikat tidak yakin sekutunya, Israel, saat ini sudah membuat keputusan menggempur fasilitas nuklir Iran. Kalaupun Israel jadi menggempur sendirian, serangannya kemungkinan tidak sampai menghancurkan program nuklir Iran. 

Menurut kantor berita Reuters, penilaian AS atas langkah Israel itu diutarakan Menteri Pertahanan Leon Panetta. "Saya tidak yakin mereka sudah membuat keputusan apakah jadi atau tidak bakal masuk dan menyerang Iran saat ini," kata Panetta.

Dia melanjutkan bahwa AS untuk sementara ini tetap mengutamakan pendekatan diplomatik dan sanksi ekonomi atas Iran. "Kenyataannya, kami menilai masih ada ruang untuk berunding," kata Panetta.

Mantan Direktur Badan Intelijen CIA itu menanggapi pernyataan sejumlah pejabat Israel belakangan ini soal ancaman serangan negara mereka ke Iran. Dalam wawancaranya dengan stasiun televisi CNN Senin lalu, Duta Besar Israel untuk AS, Michael Oren, menyatakan opsi aksi militer atas Iran kian mendesak. "Waktu Israel berdetak lebih cepat dari Washington," kata Oren.

Gara-gara pernyataan keras dari kalangan pejabatnya, pasar keuangan di Israel Senin kemarin justru anjlok. Baru beberapa saham yang pulih pada perdagangan Selasa kemarin.

Sementara itu, Ketua Gabungan Kepala Staf Militer AS, Jenderal Martin Dempsey, justru memberi peringatan kepada Israel. Menurut dia, bila Israel jadi menggempur Iran, serangannya tidak sampai menghancurkan semua fasilitas nuklirnya, dan hanya mengakibatkan penundaan.

"Saya bisa saja kurang tahu atas semua kemampuan mereka. Namun, bagi saya, cukup pantas bila diutarakan bahwa mereka [Israel] mampu menunda namun tidak sampai menghancurkan kapabilitas nuklir Iran," kata Dempsey.

Iran berkali-kali menyatakan bahwa nuklir yang mereka kembangkan hanya untuk kepentingan damai, seperti penelitian dan pembangkit listrik. Namun klaim itu tidak dipercaya Israel dan AS, dengan merujuk pernyataan Presiden Mahmoud Ahmadinejad beberapa tahun lalu, yang mengancam bahwa Israel akan dihapus dari peta dunia.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024