Bom Sisa Perang Dunia II Diledakkan di Jerman

ilustrasi ledakan bom.
Sumber :

VIVAnews - Tim penjinak bom di Munich, Jerman, meledakkan sisa-sisa bom yang ditinggalkan tentara Amerika Serikat pada Perang Dunia II. Sebelum diledakkan, ribuan warga di sekitar lokasi dievakuasi ke tempat yang aman.

Diberitakan BBC, Selasa 28 Agustus 2012, peledakan dilakukan pada Selasa malam waktu setempat di distrik Schwabing. Suara ledakan sangat keras sehingga terdengar di seantero kota.

Beberapa laporan mengatakan bahwa percikan ledakan sempat membakar atap beberapa rumah warga. Dalam semalam, sebanyak 2.500 warga sekitar peledakan dievakuasi ke tempat aman. Warga yang tinggal jauh dihimbau untuk tetap di dalam rumah.

Bom seberat 250kg dengan daya ledak tinggi tersebut ditemukan pada Senin malam oleh pekerja bangunan di bawah sebuah bar tua yang hendak dirobohkan.

Para ahli mengatakan, bom itu mustahil dijinakkan karena memiliki pemicu yang rumit. Pemicu bom itu adalah reaksi kimia, bukan alat mekanik seperti kebanyakan peledak yang digunakan tentara sekutu di Perang Dunia II.

Setiap tahunnya, ditemukan sekitar 600 ton bom yang tidak meledak di Jerman. Biasanya, bom-bom ini mampu dijinakkan. Pada 2010, tiga orang anggota tim penjinak bom tewas saat mencoba menjinakkan bom yang ditemukan. (eh)

Agak Laen! Athletic Bilbao Rayakan Juara Copa del Rey dengan Naik Perahu
Dok. Istimewa

One Way Arus Balik Tol Kalikangkung Arah Cipali KM 72 Mulai Diberlakukan

Korlantas Polri resmi memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) one way mulai dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga KM 72 Tol Cipali

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024