Popularitas Naik, Romney Tandingi Obama pada Survey

Barack Obama dengan Mitt Romney usai debat putaran pertama
Sumber :
  • REUTERS/Jim Bourg

VIVAnews - Popularitas Mitt Romney terus menanjak berkat kemenangannya dalam debat pertama calon presiden melawan Barack Obama. Dalam survey terbaru yang dikeluarkan NBC News/Wall Street, Romney dan Obama dalam posisi seimbang, yaitu sama-sama dapat 47 persen suara.

Diberitakan Reuters, survey yang digelar pasca debat kedua Senin lalu ini menunjukkan bahwa pemilu yang akan berlangsung dua minggu mendatang akan menghasilkan suara yang berbeda tipis. Menurut koresponden NBC, Chuck Todd, dalam survey ini, Romney sedikit pemimpin dibandingkan Obama.

"Di posisi 47 persen sangat menguntungkan bagi penantang, tapi bukan angka yang bagus bagi incumbent," kata Todd dalam acara "Meet The Press".

Survey dilakukan secara nasional pada 17-20 Oktober di seluruh AS dan meliputi 816 responden dengan margin of error 3,4 poin persen. Pada survey sebelumnya pertengahan September lalu, Romney hanya mendapatkan 44 persen suara, kalah dari Obama yang dapat 49 persen.

Sama kuatnya kedua kandidat dalam survey terbaru ini oleh juru kampanye Obama dianggap hal biasa. David Axelrod dari kubu Obama mengatakan bahwa hasil survey ini telah diprediksi sebelumnya oleh para juru kampanye. Dia juga mengatakan, hasil pemilu nanti sudah diramalkan akan beda tipis.

Kemenangan Romney dalam survey kali ini dianggap adalah buah dari keunggulannya pada debat pertama. Kalangan pengamat menilai bahwa debat pertama cenderung dikuasai oleh Romney, yang gencar menyerang kebijakan-kebijakan ekonomi dan dalam negeri Obama dalam empat tahun terakhir.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024