Di Hari Thanksgiving, Obama Ampuni 2 Kalkun

Obama mengampuni kalkun di hari Thanksgiving
Sumber :
  • REUTERS/Yuri Gripas

VIVAnews - Presiden Barack Obama akhirnya memutuskan untuk mengampuni dua ekor kalkun bernama Cobbler dan Gobbler sehari sebelum Thanksgiving Day, Rabu 21 November 2012. Sebelumnya, Gedung Putih melakukan jajak pendapat untuk menentukan kalkun mana yang akan dipotong dan dimasak.

Diberitakan Reuters, Obama mengatakan bahwa kedua kalkun itu layak mendapatkan kesempatan kedua. "Ada yang bilang bahwa kehidupan itu soal kesempatan kedua. Dan November ini, saya sangat menyetujuinya," kata Obama.

Untuk pertama kalinya, Gedung Putih di tahun ini menggelar jajak pendapat di sosial media soal kalkun mana yang pantas hidup dan menyandang nama Kalkun Thanksgiving Nasional tahun ini. Cobbler dan Gobbler lahir di hari yang sama dan dipelihara di sebuah peternakan di Rockingham County, Virginia.

Sebenarnya, Cobbler yang memenangkan jajak pendapat ini, namun Obama memutuskan keduanya berhak hidup. Kedua kalkun kemudian akan menghabiskan masa tuanya di rumah mantan presiden AS George Washington di Mount Vernon Estate, Alexandria, Virginia.

"Mulai sekarang, dua kalkun yang beruntung ini akan mendapatkan ketenaran dan keberuntungan," kata Obama.

Pemberian kalkun oleh peternak kepada Gedung Putih dimulai di era Presiden Harry Truman tahun 1947. Tradisi ini terus berlanjut. Tapi, pada tahun 1963 Presiden John Kennedy memutuskan untuk memulangkan kembali kalkun itu ke peternakannya.

Tradisi pengampunan kalkun di Gedung Putih dimulai tahun 1989 oleh Presiden George H.W. Bush, dan diteruskan hingga saat ini.

Masyarakat Perlakuan Etis untuk Binatang (PETA) mendesak Gedung Putih untuk mengakhiri tradisi ini. Menurut PETA, upacara pengampunan ini justru "mendorong pembantaian massal terhadap 46 juta burung yang lembut dan pintar itu". (kd)

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024
Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024