Antisipasi Roket Korut, Jepang Siagakan Kapal Perang

Kapal perang Jepang
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Rencana Korut untuk menguji coba roket jarak jauh membuat negara tetangga ketar-ketir. Jepang dilaporkan telah menyiagakan kapal perangnya yang dilengkapi persenjataan canggih untuk mengantisipasi jika roket itu memasuki wilayah mereka.

Diberitakan al-Jazeera yang mengutip stasiun berita NHK, Senin 3 Desember 2012, Jepang menurunkan kapal perang yang membawa rudal balistik PAC-3 ke perairan sebelah selatan kepulauan Okinawa. Menteri Pertahanan Jepang, Satoshi Morimoto, telah memerintahkan seluruh kesatuan untuk siaga terhadap roket Korut.

"Angkatan darat, laut dan udara kami telah bersiap untuk menurunkan pasukan ke Okinawa, tempat roket itu kemungkinan akan melintas," kata Morimoto.

Jepang rencananya juga akan menurunkan kapal perang Aegis di perairan negara tetangga. Angkatan bersenjata Jepang ini akan menerima perintah untuk menembak jatuh roket Korut jika melintasi wilayah mereka. Perintah ini dikeluarkan setelah melalui pertimbangan Perdana Menteri Yoshihiko Noda.

Sebelumnya pekan lalu, Korut mengumumkan akan melakukan uji coba peluncuran roket kedua antara tanggal 10-22 Desember mendatang. Peluncuran pertama pada April lalu gagal, roket meledak di udara.

Pada peluncuran pertama, Jepang juga menyiagakan seluruh militernya untuk mengantisipasi jatuhnya roket. Sebelumnya pada 2009, Jepang juga siaga atas uji coba serupa yang dilakukan oleh rezim Kim Jong-il.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024