Atasi Krisis, Presiden Mesir Tawarkan Dialog Nasional

Para pendukung Mohamed Mursi, Capres Mesir dari Ikhwanul Muslimin
Sumber :
  • REUTERS/Mohamed Abd El Ghany

VIVAnews - Presiden Mesir, Mohamed Mursi, mengundang kelompok-kelompok politik, para hakim, dan pihak-pihak berkepentingan lainnya untuk menggelar dialog nasional soal konstitusi baru. Dalam beberapa pekan terakhir, situasi politik di Mesir kembali memanas, lantaran masih ada yang tidak puas soal penyusunan undang-undang dasar baru pascarezim Hosni Mubarak dan dekrit yang baru diumumkan Presiden Mursi.

Menurut kantor berita Reuters, Mursi mengusulkan agar dialog nasional berlangsung Sabtu esok waktu setempat. Dialog ini untuk mempermulus peta jalan politik setelah berlangsung referendum soal konstitusi baru, yang akan tetap berlangsung sesuai jadwal pada 15 Desember mendatang.

"Saya serukan adanya dialog yang produktif dengan semua figur dan pemimpin partai, para tokoh muda revolusioner dan pemuka hukum senior pada Sabtu pekan ini," kata Mursi dalam siaran televisi nasional pada Kamis waktu setempat. Dialog akan berlangsung di kantor presiden.

Menurut Mursi, dialog juga akan membahas masa depan majelis tinggi di parlemen, setelah majelis rendah dibubarkan pada Juni lalu. Dia juga mengusulkan pembahasan undang-undang pemilu dan isu-isu lain. Mursi mengatakan tetap mempertahankan dekrit kontroversial yang baru beberapa pekan lalu diumumkan. 

Namun, Mursi juga mengatakan dirinya terbuka atas tuntutan menghapus suatu pasal dalam dekrit yang baru dia keluarkan soal jaminan kekebalan hukum bagi presiden dari gugatan soal konstitusi baru. Dekrit yang diumumkan 22 November lalu itu mengundang kecaman dan demonstrasi massal dari kaum oposisi, sekaligus mengundang perpecahan di kalangan warga sipil.

Aliansi utama oposisi mengatakan bahwa mereka masih mempelajari tawaran dialog nasional oleh Mursi. Masalahnya, Mursi hingga kini belum memenuhi tuntutan mereka, yaitu harus segera membatalkan dekrit kontroversial itu dan menunda referendum konstitusi yang dirancang oleh parlemen yang didominasi para politisi dari kelompok Ikhwanul Muslimin. (art)

Bang Jago Peras 3 Minimarket di Jakbar, Ngambil Barang Seenaknya tapi Gak Mau Bayar
VIVA Militer: TNI AL berhasil ungkap penyelundupan 19 Kg sabu-sabu dari Malaysia

TNI AL Bekuk Penyelundup Kristal Haram dari Malaysia Senilai 19 Miliar di Pulau Siondo

Prajurit TNI AL yang berhasil memburu dan menangkap pelaku berasal dari satuan Tim F1QR Lantamal IV Batam, Koarmada I

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024