Pesan Paus di 2013: Kapitalisme Tak Terkendali

Perayaan Misa Natal di Vatikan
Sumber :
  • Reuters/Max Rossi

VIVAnews - Paus Benediktus menyatakan Tahun Baru 2013 seharusnya menjadi tahun perdamaian meski dunia berada di bawah kapitalisme, terorisme dan kriminalitas yang tak terkendali. Paus berharap, Tahun Baru semoga menjadi awal bagi kedamaian bagi seluruh umat manusia.

Pesan itu disampaikan Paus berusia 85 tahun itu di depan massa 10 ribu orang yang berkumpul di Basilika Santo Petrus, Selasa 1 Januari 2013. Umat Katolik sedunia merayakan hari itu sebagai Hari Perdamaian Dunia.

"Tahun baru seperti sebuah perjalanan. Dengan cahaya dan berkat Tuhan, dia bisa menjadi awal langkah perdamaian bagi setiap manusia, setiap keluarga, setiap negeri dan seluruh dunia," katanya.

Untuk itu, Paus berterima kasih pada para pembuat perdamaian dunia yang menurutnya pantas mendapatkan penghargaan atas kerjanya, meski sering di belakang layar, tanpa lelah, tanpa tanda terima kasih dan hanya dipersenjatai "senjata ibadah dan pengampunan".

Massa yang berkumpul membawa spanduk pelangi yang diterbangkan dengan balon di cuaca yang cerah namun dingin.

Sebelum bicara soal perdamaian, pemimpin 1,2 miliar umat Katolik itu menyebutkan, ketegangan dan konflik disebabkan oleh melebarnya kesenjangan antara yang kaya dan miskin. Dia juga menyatakan kerapnya pola pikir egois dan individualistis, kapitalisme yang tak terkendali, di sejumlah aksi terorisme dan kriminalitas.

Paus lebih jauh mendesak ada model ekonomi baru dan aturan etis mengatur pasar. "Krisis keuangan dunia adalah bukti kapitalisme tidak melindungi anggota masyarakat yang paling lemah."

Serahkan Kesimpulan Sidang Sengketa Pilpres, Anies: Semoga MK Beri Keputusan yang Baik
Duel AC Milan vs AS Roma

Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan

Duel AS Roma vs AC Milan dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024