ASEAN Hari Ini Berganti Sekjen

Sekjen ASEAN Le Luong Minh
Sumber :
  • Sekretariat ASEAN

VIVAnews - Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) hari ini berganti Sekretaris Jenderal. Pergantian rutin itu diharapkan turut memperlancar proses integrasi ekonomi, politik, dan sosial budaya di ASEAN, yang ditargetkan berlangsung pada 2015 mendatang.

Berlangsung di Sekretariat ASEAN di Jakarta, diplomat senior asal Vietnam, Le Luong Minh, menggantikan Surin Pitsuwan sebagai Sekretaris Jenderal. Minh akan menjabat sebagai Sekjen ASEAN untuk periode 2013-2017. Selain disaksikan para diplomat, serah terima jabatan Sekjen ASEAN ini juga dihadiri Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa.

Menurut keterangan dari Sekretariat ASEAN, Minh telah memiliki jam terbang yang tinggi sebagai diplomat. Sebelum dipercaya menjadi Sekjen ASEAN, dia adalah Deputi Menteri Luar Negeri Vietnam.

Selama 2004 hingga 2011, Minh merupakan Perwakilan Tetap Vietnam untuk PBB di New York, AS. Di sana, dia bahkan pernah dua kali dipercaya memimpin Sidang Dewan Keamanan, yakni pada Juli 2008 dan Oktober 2009, demikian diungkapkan laman resmi PBB.

Dia juga memimpin perwakilan Vietnam untuk PBB dan organisasi-organisasi internasional yang berkedudukan di Jenewa, Swiss, selama 1995-1997 sebelum akhirnya bertugas di New York. Kini, Minh dipercaya para anggota ASEAN untuk memimpin Sekretariat di Jakarta hingga 2017. Dia menggantikan Pitsuwan, yang telah memasuki masa pensiun.

Sebelum menjadi Sekjen ASEAN selama 1 Januari 2008 hingga 1 Januari 2013, Pitsuwan juga memiliki karir cemerlang dalam dunia diplomasi. Sebelum ke Jakarta, dia pernah menjadi Menteri Luar Negeri Thailand. Selama menjadi Sekjen ASEAN, Surin berperan memperlancar jalannya integrasi yang telah dirumuskan para pemimpin anggota Perhimpunan Negara Asia Tenggara.  

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia
Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Gedung Konser Moskow (Doc: X)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Amerika Serikat (AS) disebut toleh Rusia elah mengambil tindakan terburu-buru dengan menyalahkan kelompok teror ISIS, atas teror di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024