AS Ragu Iran Pernah Kirim Monyet ke Angkasa

Iran berhasil mengirimkan monyet ke luar angkasa
Sumber :
  • REUTERS/Press TV via Reuters TV

VIVAnews - Pemerintah Amerika Serikat meragukan klaim Iran yang mengatakan telah mengirimkan monyet ke luar angkasa dengan roket dan kapsul. Dasarnya, AS mengatakan bahwa monyet yang dikirim dan datang berbeda, alias tidak mirip.

Diberitakan Fox News, pernyataan ini disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Victoria Nuland, Senin waktu setempat. Dia mengatakan bahwa banyak pertanyaan soal apakah monyet yang dikirimkan sama dengan monyet yang pulang.

"Iran mengatakan mereka mengirim monyet, tapi monyet yang ditunjukkan kemudian memiliki bentuk wajah yang berbeda. Kutil kecilnya hilang," kata Nuland.

Menanggapi komentar Nuland, pemerintah Iran mengatakan bahwa ini salah media di Teheran. Media-media tersebut membuat bingung pembaca dengan menghadirkan dua gambar monyet, salah satunya adalah yang mati dalam percobaan 2011 lalu.

Klaim Iran ini didukung oleh ahli astronomi dari Harvard, Jonathan McDowell, yang berhasil melacak peluncuran roket dan aktivitas luar angkasa Iran. Dia mengatakan bahwa benar Iran telah mengirimkan monyet ke luar angkasa, namun ada kesalahan pada publikasi foto, yaitu gambar monyet terdahulu.

Tidak diragukan lagi bahwa keberhasilan Iran itu adalah pencapaian besar negara tersebut dalam bidang antariksa. (eh)

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

Target Iran selanjutnya adalah mengirimkan astronot ke luar angkasa. Untuk ini, Presiden Iran menjadi astronot pertama yang dikirim ke orbit.

Ilustrasi teknologi tes DNA yang praktis

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA

Sebuah tes DNA yang menganalisis metabolisme dan kebutuhan nutrisi, memungkinkan para pengguna memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif mengenai kondisi kesehatannya

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024