Di Vietnam, Polisi Gemuk dan Pendek Dilarang Bertugas

Ilustrasi perut buncit
Sumber :
  • Antara
VIVAnews - Kepolisian lalu lintas Vietnam menerapkan kebijakan baru dengan menarik anggotanya yang memiliki badan pendek dan gemuk untuk bekerja di kantor ketimbang di lapangan. Keputusan ini dipilih demi memperbaiki citra pihak kepolisian yang sudah kadung melekat dengan tindakan korupsi dan kekerasan. 
Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

"Petugas yang memiliki postur tubuh kecil atau terlalu gemuk, akan dipindahkan dan bekerja di dalam kantor, sehingga mereka tidak dapat berkomunikasi langsung dengan publik," ujar Kepala Polisi Lalu Lintas Hanoi, Col Dao Vin Tang seperti dikutip BBC, Rabu 6 Maret 2013. 
5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Vin Tang pun kemudian meminta kepada polisi lalin yang memiliki kelebihan berat badan untuk melakukan latihan fisik yang rutin. Selain itu, dia juga meminta semua anggota kesatuannya untuk mematuhi kode etik resmi yang dipegang oleh Kepolisian Lalin Vietnam dan mengingatkan mereka bagaimana bersikap baik di depan publik. 
Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Ini merupakan cara terbaru yang diterapkan oleh kepolisian di Vietnam untuk memperbaiki citra polisi Hanoi yang kerap mendapat keluhan dalam mengelola kepadatan lalu lintas di jalanan ibukota. Sebelumnya pihak Kepolisian Vietnam telah mengerahkan polisi wanita terlatih di beberapa titik untuk memenangkan hati publik kota Hanoi. 

Citra kepolisian Vietnam di mata publik begitu rendah. Hal ini terlihat dari survei yang diadakan oleh Bank Dunia tahun lalu yang menempatkan polisi Vietnam berada di peringkat terbawah karena kerap melakukan korupsi. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya