Masih Ada Sengketa Perbatasan RI-Timor Leste

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao
Sumber :
  • ANTARA/Nyoman Budhiana

VIVAnews - Pemerintah Indonesia dan Timor Leste masih memiliki tiga wilayah di perbatasan yang masih menjadi sengketa. Kementerian Luar Negeri RI berharap masalah ketiga sengketa ini dapat segera diselesaikan.

"Saat ada tiga segmen lagi yang tersisa dan belum disepakati," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Michael Tene di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat 22 Maret 2013.

Ketiga segmen itu adalah, pertama, berada di Noelbesi, Desa Netemnanu Utara, Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, dengan Distrik Oecusee, Timor Leste. Kedua, di Bijaelsunan, Oben, Kabupaten Timor Tengah Utara dengan Distrik Oecusee yaitu areal seluas 489 bidang tanah sepanjang 2,6 kilometer atau 142,7 hektare.

Sementara segmen ketiga ada di Delomil Memo, Kabupaten Belu yang berbatasan dengan Distrik Bobonaro yaitu perbedaan identifikasi terhadap Median Mota Malibaca pada aliran sungai sepanjang 2,2 kilometer pada areal seluas 41,9 hektare.

Isu perbatasan ini menjadi salah satu topik pembicaraan dalam pertemuan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao, saat berkunjung ke Kemlu Rabu kemarin.

Bertemu Tony Blair, Menko Airlangga Bahas Inklusivitas Keuangan Hingga Stabilitas Geopolitik

"Memang isu perbatasan ini dibahas oleh Pak Marty dan Pak Xanana. Mereka pun berkomitmen untuk segera menuntaskan pembahasan mengenai perbatasan ini," kata Tene. (eh)

Polres Metro Jakarta Selatan melakukan penyelidikan atas kasus kebakaran toko bingkai Mampang di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan yang menewaskan tujuh orang.

RS Polri Sebut Jasad Kebakaran Toko Frame Mampang Luka Bakar Sampai 100 Persen

Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, telah menerima tujuh kantong jenazah korban kebakaran Toko Frame dan Galeri bernama 'Saudara Frame' di Mampang Prapatan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024