Akibat Perkosaan, Jumlah Wisatawan ke India Anjlok

Demonstrasi anti perkosaan di New Delhi, India
Sumber :
  • REUTERS/Adnan Abidi
VIVAnews -
Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget
Kasus perkosaan yang marak terjadi di India membuat negara itu tidak lagi menjadi daerah tujuan wisata favorit. Hal ini terbukti dengan menurunnya jumlah kunjungan wisatawan, khususnya wanita, selama tiga bulan pertama tahun 2013.

Jika Perang Dunia ke-3 Pecah, Benarkah akan Jadi Perang Akhir Zaman Jelang Kiamat?

Demikian laporan Asosiasi Kamar Dagang dan Industri India seperti dilansir
Brutalnya Israel, Mayat Warga Palestina Ditemukan di RS Nasser dengan Kondisi Telanjang & Diborgol
The Guardian , Minggu 31 Maret 2013. Menurut data mereka, jumlah turis ke India berkurang 25 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini. Sementara turis wanita ke India juga turun 35 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun 2012.


Menurut laporan tersebut, penurunan ini terjadi karena ketakutan yang muncul akibat banyaknya kasus perkosaan. Selain itu beberapa negara seperti Inggris dan Amerika Serikat yang mengeluarkan peringatan berkunjung, diduga ikut berkontribusi pada anjloknya jumlah wisatawan ini.


Data yang dihimpun Asosiasi Kamar Dagang dan Industri India ini, diperoleh dari hasil survei terhadap 1.200 operator biro perjalanan dan tur.


Menteri Pariwisata, Parvez Dewan, mengatakan pada Januari-Februari 2013, jumlah wisatawan sempat meningkat dibanding tahun lalu. Padahal Desember 2012 terjadi perkosaan terhadap mahasiswi fakultas kedokteran yang akhirnya tewas.


Namun peruntungan ini berbalik saat sedikitnya enam turis wanita melaporkan tindak pelecehan seksual dan perkosaan di beberapa lokasi wisata. Tahun ini, tingkat kejahatan di India juga mencapai peningkatan yang mengkhawatirkan.


Menurut data kepolisian India, tindak penganiayaan di India tahun ini naik 590,4 persen dibanding periode yang sama tahun 2012. Sementara kasus pemerkosaan juga ikut meningkat hingga 147,6 persen.


Pelaku bisnis khawatir para wisawatan akan mengalihkan tujuan mereka ke negara Asia lainnya, seperti Malaysia, Indonesia atau Vietnam. Padahal sektor pariwisata jadi salah satu andalan India, dengan pemasukan tahun 2012 mencapai senilai Rp144 triliun dari 6,6 juta wisawatan. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya