AS: Korut Bisa Luncurkan Rudal Kapan Saja

Landasan peluncuran roket Sohae, Korea Utara
Sumber :
  • REUTERS/Bobby Yip

VIVAnews - Pemerintahan Obama menyakini Korea Utara telah menyelesaikan persiapan untuk meluncurkan dan melakukan uji coba rudal balistik kapan pun. Menurut informasi yang diperoleh intelijen AS, Korut dapat melakukan uji coba itu tanpa perlu mengeluarkan peringatan bagi penerbangan komersial dan transportasi laut.

Temuan intelijen AS itu diperoleh hanya berdasarkan pemantauan satelit sehingga sulit mendapat kesimpulan pasti soal kapan Korut akan meluncurkan rudal tersebut. Selain itu AS juga tidak memiliki peralatan untuk mengumpulkan informasi di dalam negara Korut sendiri.

"Kami berharap Korut mengeluarkan notifikasi, tapi saat ini kami tidak benar-benar berharap mereka akan mengeluarkan itu. Jadi kami bekerja dengan asumsi bahwa mereka tidak akan mengeluarkan notifikasi," ujar pejabat berwenang AS yang tidak disebutkan namanya.

Pejabat itu juga menambahkan peluncuran rudal itu bisa saja dilakukan dalam waktu dekat ini. Berdasarkan hasil pantauan Pentagon selama satu minggu terakhir melalui satelit, diduga rudal itu masih ditempatkan setengah jalan dari Pantai Timur Korut, sekitar 16 kilometer dari pesisir.

Dilansir kantor berita CNN, Rabu 10 April 2013, AS meyakini rudal itu telah dibekali dengan bahan bakar cair sehingga siap untuk diluncurkan kapan pun. AS siap mengantisipasinya.

Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?

Sesaat setelah diluncurkan, AS yang telah menyiagakan satelit dan radar bisa memperkirakan arah tembak rudal itu dalam hitungan menit dan menghancurkannya di udara. (umi)

Masyarakat gunakan kereta api saat mudik Lebaran 2024 (dok: KAI)

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Masyarakat baru saja merayakan Puasa Ramadan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024, pada momen itu mayoritas masyarakat menjalankan tradisi mudik ke kampung halaman. Dari

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024