RI dan Myanmar akan Bahas Isu Rohingya

VIVAnews - Perdana Menteri (PM) Myanmar, Thein Sein, akan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta 16-17 Maret 2009. Kedua pemimpin kemungkinan akan membahas persoalan pengungsi etnis Rohingya asal Myanmar.

KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi

"Bisa saja itu [isu etnis Rohingya] dibahas, tetapi saya tidak bisa mendahului apa yang akan dibahas kedua pemimpin negara," kata juru bicara Departemen Luar Negeri di Jakarta, Teuku Faizasyah, Jumat 13 Februari 2009.

Faizasyah mengatakan bahwa isu Rohingya selalu dibahas dalam berbagai pertemuan. Terakhir kali dibahas dalam pertemuan para pemimpin anggota perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) akhir Februari lalu.

Dari pertemuan itu, Myanmar tidak mengakui keberadaan etnis Rohingya, tetapi sebagai etnis Bengali di bagian utara Arakan, Myanmar. "Kita juga mencatat sejauh identitas bisa dibuktikan, Myanmar siap menampung orang-orang itu kembali," kata Faizasyah.

Rohingya adalah salah satu suku asli Myanmar yang memeluk agama Islam. Mereka terbiasa bermigrasi ke negara tetangga Malaysia dan Thailand untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Saat ini etnis Rohingya di seluruh Myanmar diperkirakan 2 juta jiwa dan 1,5 juta diantaranya tinggal di Arakan, Myanmar, 600 ribu tinggal di Bangladesh, 350 ribu di Pakistan, 400 ribu di Arab Saudi dan 100 ribu di Uni Emirat Arab, Thailand dan Malaysia.

Myanmar dan Indonesia akan membahas hal-hal yang bisa meningkatkan hubungan bilateral kedua negara. Seperti diberitakan media Myanmar, The New Light of Myanmar, Jumat 13 Maret 2009, setelah Indonesia, Sein akan berkunjung ke Singapura.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United vs Sheffield United

Sein bertemu dengan kedua pemimpin pemerintahan tersebut dua pekan lalu dalam pertemuan ASEAN di Thailand. Sein diperkirakan akan kembali bertemu dengan mereka dalam pertemuan ASEAN bersama enam negara mitra, Australia, China, India, Jepang, Selandia Baru, dan Korea Selatan 10-12 April mendatang di Thailand.

Persoalan hak asasi manusia dan kegagalan negara pimpinan Junta militer tersebut cenderung menjadi bahan perdebatan di berbagai pertemuan ASEAN.

Dikira Tewas oleh Israel, Komandan Al Quds Abu Shujaa Tiba-tiba Muncul di Pemakaman
Jalan Juanda di Kota Depok.

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

Kota Depok memiliki DPT terbesar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024