Ambil Foto Anak Kelaparan, Warga AS Terancam Mati di Korut

Patung Kim Il-sung dan Kim Jong-il di Pyongyang, Korea Utara
Sumber :
  • REUTERS/KCN

VIVAnews - Warga Amerika Serikat keturunan Korea terancam hukuman mati di Korea Utara atas tuduhan mencoba menggulingkan pemerintahan Kim Jong-un. Padahal menurut sumber, itu bukan alasan sebenarnya penangkapan pria ini.

Diberitakan Daily Mail, Senin 29 April 2013, Kenneth Bae ditahan ketika sedang mengantar rombongan wisatawan saat tur ke Korut. Bae yang disebut media Korut, KCNA,  dengan nama Pae Jun Ho adalah pemilik biro perjalanan dan ditangkap di daerah zona ekonomi khusus bernama Rajin-Sonbong Economic Special Zone.

Alasan resmi penangkapannya sampai saat ini belum diungkapkan Korut. Namun KCNA mengatakan, Bae mencoba menggulingkan pemerintahan. KCNA menyebut selama proses investigasi berlangsung, Bae telah mengakui semua perbuatannya. Termasuk niatnya yang ingin menggulingkan pemerintah Korut.

PBNU Harap Amicus Cuarie Diajukan Megawati Tak Munculkan Kontroversi Berkelanjutan

Alasan ini dibantah oleh kawan-kawan dan kolega Bae. Menurut mereka, Bae ditahan karena mengambil foto anak-anak yatim yang kelaparan di Korut. Mereka juga mengatakan bahwa Bae sebenarnya adalah misionaris yang bermukim di perbatasan China. Dia kerap mengunjungi Korut untuk membantu anak-anak yatim tersebut.

Tidak diketahui apakah ketika berkunjung ke negeri pimpinan Kim Jong-un itu, dia turut menyebarkan agama Kristen. Secara resmi, pemerintah Korut memang memberikan kebebasan bagi warganya untuk memeluk agama. Namun pada kenyataannya, pemerintah Korut banyak menindas warga Kristiani karena dianggap menyebarkan pengaruh barat dan ancaman bagi ideologi komunis yang mereka anut.

Apabila terbukti melakukan penyebaran agama, kitab suci Alkitab dan mengadakan misa secara rahasia, maka Bae akan mendapat hukuman tambahan berupa kerja paksa selain hukuman mati yang dituduhkan kepadanya karena diduga akan menggulingkan pemerintah.

Bae adalah warga AS ke-6 yang ditahan Korut sejak tahun 2009. Kebanyakan warga AS lainnya dideportasi atau dibebaskan setelah mendapat intervensi diplomatik dari pejabat penting seperti mantan Presiden Bill Clinton dan Jimmy Carter.

Namun para analisis menduga penahanan Bae digunakan oleh Korut sebagai daya tawar yang kuat dalam menegosiasikan kepentingannya dengan AS. (umi)

Sosok Ernando Ari 'Tembok Kokoh' Timnas Indonesia, Bikin Australia Gigit Jari
Ilustrasi kemiskinan di desa.

8 Negara dengan Tingkat Kemiskinan Terendah di Dunia

Kemiskinan adalah salah satu tantangan utama yang dihadapi banyak negara di seluruh dunia. Meskipun begitu, ada beberapa negara yang berhasil menekan tingkat kemiskinan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024