Berfoto dengan Model di Kokpit, Pilot Vietnam Kena Skors & Denda

Pilot Vietnam berfoto dengan model cantik di kokpit
Sumber :
  • Dailymail

VIVAnews - Dua orang pilot asal Vietnam diskors selama sebulan dan didenda karena berfoto dengan seorang model cantik di ruang kokpit pesawat. Adegan foto itu dilakukan dalam penerbangan rute Hongkong menuju kota Hanoi bulan lalu dan pesawat dibiarkan dikemudikan autopilot.

Dalam foto yang dilansir Dailymail baru-baru ini, terlihat model dan artis Vietnam, Ly Nha Ky, berfoto dengan sang kapten pilot Nguyen Ngoc Nhu Y dan kopilot Nguyen Xuan Hai di ruang kokpit. Artis cantik itu tampak mengenakan kacamata hitam serta topi pilot. Dalam foto lainnya terlihat Ly Nha Ky sedang memeluk dua pramugari dari maskapai tersebut.

Foto ini kemudian tersebar ke publik dan muncul di laman situs berita vietbao.vn. Sontak foto ini membuat dunia penerbangan Vietnam geram.

Di mata Kepala Badan Penerbangan Vietnam, tindakan pilot tersebut telah mengancam keselamatan penumpang dan harus dihukum. Menurut dia, kendati pesawat telah diset dalam keadaan autopilot, tindakan pilot tersebut telah melanggar aturan penerbangan, karena saat itu kopilot sedang tidak duduk di depan kemudi.

Walaupun pesawat dalam keadaan autopilot, pilot tetap harus berada di belakang kemudi untuk memantau arah penerbangan dan menonaktifkan sistem autopilot apabila diperlukan. Selain itu, tertulis jelas dalam aturan penerbangan bahwa pilot tidak membolehkan orang yang tidak berkepentingan untuk memasuki ruang kokpit.

Juru bicara Vietnam Airlines yang berbicara kepada media Vietnam, mengatakan perusahaannya tidak mengetahui soal peristiwa pengambilan foto ini.

Mereka berjanji akan melakukan investigasi sendiri terkait dengan perstiwa itu. Kapten Nguyen Ngoc Nhu Y akhirnya dikenakan denda 216 poundsterling atau Rp3,2 juta sedangkan kopilot Nguyen Xuan Hai mendapat denda 92 poundsterling atau Rp1,3 juta.


Pilot Vietnam berfoto dengan model cantik di kokpit

Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang

Sebelumnya, tindakan dua pilot di Maskapai Air India juga mencoreng dunia penerbangan. Kedua pilot pesawat Air India itu dituduh meninggalkan ruang kokpit pesawat dan membiarkan pesawat Airbus A-320 dalam keadaan autopilot, sedangkan mereka memilih tidur di kelas bisnis.

Sebelum tidur, kedua pilot ini sempat memberi kursus kilat kepada sang pramugari bagaimana cara menerbangkan pesawat itu apabila terjadi keadaan darurat. Padahal pesawat dengan rute Bangkok-New Delhi itu membawa 166 penumpang.

Namun menurut salah seorang sumber, kedua pilot itu bergegas kembali ke ruang kokpit setelah pramugari salah memencet tombol sehingga malah menonaktifkan sistem auto-pilot yang sudah diset. Kedua pilot ini pun kena skors.

Presiden Jokowi bertemu CEO Apple Tim Cook di Istana Kepresidenan, Jakarta, 17/4

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

The Industry Minister, Agus Gumiwang Kartasasmita ensured that Apple's Chief Executive Officer (CEO), Tim Cook puts investment in Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024