Korut Izinkan Pengusaha Korsel Masuk Kawasan Industri Kaesong

Kawasan industri Kaesong di Korut ditutup
Sumber :
  • REUTERS/Kim Hong-Ji/Files
VIVAnews -
Polda Metro Klaim Wilayah Jakarta Aman saat Malam Takbiran
Korea Utara mengatakan akan mengizinkan pengusaha asal Korea Selatan untuk mengunjungi kawasan industri Kaesong. Selain itu mereka menjamin keselamatan para pengusaha tersebut selama berada di sana.

Umat Islam di Amerika Serikat Bakal Rayakan Idul Fitri Rabu 10 April 2024

Kantor berita
Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm
BBC , Selasa 28 Mei 2013, melaporkan pernyataan tersebut dikeluarkan oleh media pemerintah Korut. Melalui Komite Korut untuk Kedamaian dan Persatuan Korea (CPRK), mereka mengatakan akan berdiskusi dengan para pengusaha Korsel soal normalisasi kawasan industri Kaesong.


"Kami telah memberikan izin berkunjung dan bahkan mendiskusikan kemungkinan dapat mengirimkan kembali produk ke kawasan industri," ujar perwakilan CPRK seperti dikutip kantor berita
Yonhap
.


Masih menurut perwakilan CPRK, para pengusaha itu dapat ditemani oleh anggota badan pemerintah lainnya untuk meninjau kawasan industri Kaesong. Namun menurut juru bicara Kementerian Unifikasi Korsel yang menangani normalisasi hubungan dengan Korut, yang mereka butuhkan adalah pembicaraan antara kedua pemimpin.


Korsel sebelumnya secara resmi pernah meminta untuk berdialog dengan Korut soal pembukaan kembali kawasan Kaesong. Namun tawaran itu ditolak mentah-mentah.


Kawasan industri Kaesong ditutup oleh Korut pada awal April lalu. Hal itu dilakukan karena Korut geram terhadap sanksi tambahan yang dikenakan oleh Dewan Keamanan PBB atas aksi Korut melakukan uji coba nuklir di bulan Februari kemarin.


Sebanya 123 perusahaan milik Korsel diketahui berada di dalam kawasan industri yang terletak di perbatasan ini. Perusahaan itu ikut mempekerjakan sebanyak 53 ribu pekerja Korut dan menjadi salah satu sumber pemasukan ekonomi. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya