Penggali Kubur Sudah Siaga di Bakal Makam Mandela

Makam keluarga Mandela di Qunu
Sumber :
  • Mail & Guardian

VIVAnews - Walaupun bisa dibilang stabil, namun kondisi Mandela masih kritis dan mengkhawatirkan. Dia kini bertahan hidup dengan penyokong kehidupan. Keluarganya telah berkumpul, bersiap merelakannya pergi.

Keluarga Mandela dilaporkan sudah mulai sibuk dengan rencana pemakaman di kampung halaman Mandela, Qunu. Diberitakan News24, Selasa kemarin perwakilan keluarga Mandela, pemimpin klan dan pejabat pemerintah mendarat di bandara Mthatha dan bertemu di rumah Mandela di Qunu selama dua jam sebelum pulang.

Setelah pertemuan tersebut, cucu Mandela, Ndaba Mandela, dilaporkan berkunjung ke pemakaman keluarga Mandela. Selang dua jam setelah pertemuan tersebut, sebuah mesin penggali kubur disiagakan di pemakaman keluarga Mandela di kota tersebut. Mesin penggali diletakkan sekitar 150 meter dari pemakaman.

Diperkirakan, Mandela akan dimakamkan di pekuburan itu bersama dengan para pendahulunya. Qunu adalah kampung halaman di mana Mandela menghabiskan masa kecilnya.

BYD Pamer Mobil Super Canggih, Bodinya Furutistik

Kehidupan masyarakat Qunu dekat sekali dengan Mandela. Tidak heran, warga Qunu selalu berdoa untuk kesembuhannya. "Kami mengkhawatirkannya. Ketakutan terbesar kami dia tidak akan kembali ke Qunu karena kesehatannya. Ini pertama kalinya dia ke Johannesburg lama sekali," kata seorang warga, Thozama Mzamane.

Dikebumikan di Qunu konon merupakan salah satu wasiat yang disampaikan Mandela hampir 20 tahun yang lalu. Saat itu usianya sudah 78 tahun, dan dia sudah mulai memikirkan soal akhir hidupnya.

Makaziwe, putri Mandela, mengatakan bahwa pekuburan Mandela nantinya akan jadi tempat tertutup yang tidak boleh dimasuki orang lain selain keluarga.

"Pemakaman keluarga bukan untuk publik. Publik hanya boleh masuk ketika prosesi penguburan, itu pun berdasarkan undangan. Setelah itu, pemakaman ini akan jadi tempat suci bagi keluarga," kata Makaziwe, dikutip dari Mail and Guardian. (eh)

Presdir P&G: Konsumen Adalah Bos
Duel Persebaya Surabaya vs Persib Bandung

Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya

Persib Bandung akan berhadapan dengan Persebaya Persebaya Surabaya dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel kedua tim digelar di Stadion Si Jalak Harupat

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024