Sengketa Laut China Selatan, Rusia dan China Latihan Perang

Pasukan Khusus AL China berlatih di atas kapal perang.
Sumber :
  • Reuters/Xinhua/Cha Chunming
VIVAnews -
KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih 2024-2029
Rusia dan China memulai latihan perang gabungan Angkatan Laut mereka hari ini. Latihan ini digelar di tengah situasi yang memanas antara China dan negara tetangga terkait sengketa di Laut China Selatan.

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Diberitakan
Aliando Sebut Prilly Latuconsina Mantan Terindah, Ada Penolakan Main Film Bareng?
BBC , latihan ini digelar di Laut Jepang mulai hari ini, Jumat 5 Juli 2013 hingga 12 Juli mendatang. Sebelumnya awal pekan ini, Kementerian Pertahanan China mengatakan bahwa latihan ini adalah yang terbesar yang pernah dilakukan China dengan negara mitra.


China dilaporkan menurunkan empat kapal penyerang, dua frigate dan sebuah kapal pendukung. Sementara Rusia menurunkan 11 kapal perang, sebuah kapal selam dan tiga pesawat selama latihan nanti.


Koran
People's Daily
menuliskan bahwa latihan ini berfokus pada strategi pengawalan dan penyelamatan kapal yang disandera. "Tidak akan ada unsur agresi dalam latihan gabungan kali ini," tulis media milik pemerintah ini.


Hal serupa sebelumnya juga disampaikan oleh kepala Tentara Pembebasan Rakyat China Jenderal Fang Fenghui. Dia mengatakan bahwa pada latihan tidak ada "target pihak ketiga", tapi hanya mempererat kerja sama dengan Rusia.


Namun, latihan ini digelar di tengah memanasnya hubungan China dengan negara tetangga terkait laut sengketa, termasuk dengan Jepang dan Filipina. Dalam beberapa bulan terakhir, hubungan China dan dua negara ini meregang akibat tumpang tindih klaim di Laut China Selatan dan Timur.


China dan Rusia terakhir kali menggelar latihan gabungan angkatan laut tahun lalu. Kedua negara aktif latihan bersama sejak tahun 2005.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya