Daftar Insiden Pesawat Asiana Airlines 20 Tahun Terakhir

Asiana Airlines asal Korsel kecelakaan di San Francisco
Sumber :
  • REUTERS/Jed Jacobsohn

VIVAnews – Asiana Airlines, maskapai penerbangan Korea Selatan, mengalami sejumlah kecelakaan dan insiden selama 20 tahun terakhir. Namun semua itu tak separah kecelakaan yang terjadi hari ini, Sabtu 6 Juli 2013 waktu Amerika Serikat. Boeing 777 milik Asiana Airlines terbakar di landasan pacu Bandara Internasional San Francisco AS ketika mendarat dan menewaskan dua orang.

3.37 Mln Hectares Palm Plantation Inside Forest Area, KLHK Identifies

Berdasarkan data Aviation Safety Network yang dikutip CNN, hampir 20 tahun lalu, tepatnya 26 Juli 1993, Boeing 737-500 Asiana Airlines yang hendak mendarat di Bandara Mokpo, Korea Selatan dalam cuaca buruk, mengalami kecelakaan dalam upaya pendaratannya yang ketiga. Sebanyak 68 orang dari total 116 penumpang dan awak pesawat, tewas dalam kejadian itu.

Pada Juli 2001, pesawat kargo Asiana jenis Boeing 747-400F yang sedang dalam perjalanan dari Bandara Internasional Incheon Korea Selatan menuju Bandara Internasional Pudong di Shanghai China, jatuh di Laut Cina Timur dan menewaskan dua orang di dalamnya.

Pada Agustus 2004, Boeing 747 Asiana Airlines dan Boeing 737 Southwest Airlines nyaris bertabrakan di Bandara Internasional Los Angeles, Amerika Serikat. Saat itu menara kontrol memberi izin Southwest Airlines untuk lepas landas. Pada saat yang sama, Asiana Airlines diizinkan mendarat. Hanya dalam hitungan detik, pilot Asiana melihat Southwest hendak lepas landas dan ia pun membatalkan pendaratan Asiana. Keputusannya ini menyelamatkan penumpang kedua pesawat dari kesalahan kontrol lalu-lintas udara.

April 2009, sebuah pesawat Asiana Airlines kehilangan salah satu dari dua mesinnya saat lepas landas dari Bandara Internasional Seattle-Tacoma menuju Korea Selatan. Syukurlah pesawat itu berhasil mendarat kembali dengan aman dan tak ada yang terluka dalam pendaratan darurat tersebut.

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) mencatat, pada November 1998, Boeing 747-400 Asiana Airlines yang meluncur di Bandara Internasional Ted Stevens Anchorage, Alaska, bertabrakan dengan pesawat Aeroflot Ilyushin. Masih bulan dan tahun yang sama, Boeing 747 Asiana Airlines menabrak Derek di Jamaica, New York, dan melukai satu orang.

Oktober 2009, peawat Airbus Asiana Airlines rusak ketika ekornya menghantam landasan pacu di Bandara Internasional Osaka-Kansai, Jepang. Tidak ada yang terluka dalam insiden ini.

Asiana Airlines yang bermarkas di Seoul adalah satu dari dua maskapai peneberbangan besar Korea Selatan selain Korean Air. Asiana telah beroperasi selama 25 tahun di 23 negara di seluruh dunia. Asiana memiliki 71 pesawat dan menerbangkan sekitar 14,7 juta penumpang setiap tahunnya. (eh)

Catherine Wilson

Catherine Wilson Tuntut Nafkah Rp100 Juta Per Bulan, Idham Masse Ungkap Hal Mengejutkan

Kata Catherine Wilson, suaminya sempat janji untuk menafkahinya Rp100 juta per bulan. Hal tersebut sudah tertuang di perjanjian pranikah Idham Masse dan Chatherine

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024