Para “Pahlawan” dalam Tragedi Asiana Airlines

Kecelakaan pesawat Asiana Airlines di Bandara San Francisco.
Sumber :
  • REUTERS/Eugene Anthony Rah/Handout via Reuters

VIVAnews – Peristiwa kecelakaan pesawat Boeing 777 Asiana Airlines 214 yang terjadi Sabtu, 6 Juli 2013, di Bandara San Francisco AS memunculkan para pahlawan bencana itu. Mereka adalah orang-orang yang membantu para penumpang Asiana dalam kondisi genting itu.

Zara Putri Ridwan Kamil Unggah Foto Produk Pro-Israel, Langsung Tuai Hujatan

Kesigapan mereka dalam menolong korban tanpa memedulikan keselamatan diri sendiri membuat orang-orang ini dipuji oleh para penumpang dan tim penyelamat. Laman Dailymail, Senin 8 Juli 2013, melansir setidaknya ada tiga sosok penyelamat yang dianggap sebagai pahlawan. Mereka adalah pramugari Asiana Airlines Kim Ji-yeon, petugas polisi Jim Cunningham, dan manajer kabin Lee Yoon-hye.

Nama pramugari Ji-yeon disebut sebagai pahlawan oleh salah seorang penumpang bernama Eugene Anthony Rah. Rah mengingat bagaimana Ji-yeon dengan sigap menggendong para penumpang yang tidak sanggup berjalan keluar dari pesawat. Peristiwa itu terjadi sebelum api melalap sebagian besar atap kabin pesawat. Padahal, menurut Rah, postur tubuh Ji-yeon kurus. Namun ia sanggup menggendong beberapa orang keluar pesawat.

Cerita kepahlawanan lainnya muncul dari atasan Ji-yeon, Lee Yoon-hye, yang menjabat sebagai manajer kabin. Yoon-hye yang telah bekerja di maskapai Asiana selama hampir 20 tahun ikut memadamkan api dan membantu penumpang keluar dari pesawat kendati dia ikut terluka dan tulang selangkanya patah.

Yoon-hye awalnya tidak tahu dirinya terluka sampai seorang dokter di RS San Fransisco memberitahunya. “Tepat sebelum pesawat mendarat, saya merasa pesawat berusaha untuk terbang lagi. Saya bertanya-tanya apa yang sedang terjadi. Kemudian saya merasakan benturan keras tak seperti pendaratan pada umumnya,” ujar Yoon-hye.

Begitu menyadari pesawat mengalami kecelakaan, Yoon-hye tanpa pikir panjang langsung mengevakuasi penumpang. Kesigapan Yoon-hye dipuji oleh Kepala Pemadam Kebakaran San Fransisco, Joanne Hayes-White. Menurut White, Yoon-hye ingin memastikan semua penumpang selamat dan tidak ada yang tertinggal di kabin pesawat.

“Dia benar-benar pahlawan. Dia begitu tenang saat menyelamatkan penumpang. Saya pikir dia awalnya berada di terminal bandara karena dia tidak terlihat panik,” kata White.

Sementara petugas polisi Cunningham merupakan salah seorang yang tiba paling awal di lokasi kejadian. Tanpa rasa takut dan dengan mengenakan alat pengaman, Cunningham masuk ke dalam kabin pesawat yang telah terbakar. Dia kemudian membantu memindahkan korban yang terjebak di dalam pesawat. Dia berhasil menolong seorang lanjut usia dan dua orang lain yang terjebak di antara kursi penumpang.

Ide cerdik kemudian terlintas di pikiran Cunningham saat menemukan ponsel yang terjatuh di dalam kabin. Dia mengambil ponsel itu dan melihat foto ibu dan anak yang dipasang sebagai wallpaper. “Seseorang pasti membutuhkan ponsel ini. Benda ini sangat penting karena semua kenangan ada di dalamnya dan dapat digunakan untuk memberikan kabar kepada keluarga, kata Cunningham.

Cunningham kemudian mengumpulkan semua ponsel yang bisa ia temukan untuk kemudian diserahkan kepada maskapai Asiana Airlines. Kendati disebut sebagai pahlawan oleh banyak pihak, namun Cunningham menolak dikatakan demikian. “Saya hanya melakukan pekerjaan saya,” kata dia.

Rekaman CVR

Hingga saat ini Badan Nasional Keselamatan Transportasi AS (NTSB) masih terus mencari penyebab kecelakaan Asiana yang membawa 291 penumpang dari Seoul, Korea Selatan itu. Dari hasil rekaman pembicaraan di kotak hitam pesawat, terungkap ada tiga momen penting.

Dimulai dari tujuh detik sebelum terjadi benturan, pesawat mendekati landasan pacu terlalu lambat. Pilot kemudian berusaha memperbaiki kesalahan itu. Namun saat dia mencoba menaikkan kembali posisi pesawat, ekor pesawat sudah lebih dulu menyentuh permukaan tanah.

Sementara iini NTSB baru menyimpulkan bahwa pesawat terbang lebih lambat dari kecepataan seharusnya untuk mendarat di Bandara Internasional San Fransisco, yaitu kurang dari 137 knot. Kecelakaan Asiana ini menewaskan dua pelajar asal China.

Gerhana Matahari Total Bakal Hadir di Indonesia, Cek Jadwalnya
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Konflik Iran Vs Israel, Harga BBM Subsidi Naik?

Pemerintah memastikan terus memantau situasi perkembangan harga minyak dunia dan pengaruhnya terhadap harga BBM.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024