Dituduh Jiplak Artikel, Menteri Taiwan Mundur

Andrew Yang.
Sumber :
  • washingtonpost.com
VIVAnews
Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah
- Menteri Pertahanan Taiwan, Andrew Yang, memilih mundur dari jabatannya setelah dituduh melakukan plagiat atas artikel yang ditulisnya mengenai Tentara Pembebasan Rakyat. Padahal, Yang baru sepekan menduduki posisi tersebut setelah Menhan sebelumnya juga memutuskan mundur karena terlibat kasus hukum.

Terpopuler: Manfaat Belimbing Wuluh sampai Tanggapan Buya Yahya Soal Kasus Inses

Stasiun berita
Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 
Channel News Asia, Rabu 7 Agustus 2013, melansir pernyataan bahwa Yang meminta maaf atas kenyataan ini pada Selasa malam dalam sebuah jumpa pers.


Isu plagiat itu pertama kali dilempar oleh seorang politisi dari partai oposisi bernama Kuan Pi-ling. Menurut Kuan, artikel yang ditulis Yang bersama seorang rekannya menjiplak isi dari sebuah majalah yang terbit di China. Artikel itu kemudian diterbitkan dalam sebuah buku pada 2007.


"Saya tidak tahu teman saya telah banyak menjiplak tulisan dari sebuah artikel yang diterbitkan di majalah China. Ini merupakan kesalahan pribadi dan saya ingin meminta maaf," ujar Yang dalam jumpa wartawan.


Yang telah menyampaikan surat pengunduran dirinya kepada Presiden Ma Ying-jeou dan Perdana Menteri, Jiang Yi-huah. Menurut Yang, kesalahan pribadinya itu telah merusak wibawa pemerintah dan kehormatan militer di saat keduanya tengah menghadapi beragam tantangan besar.


Juru Bicara Presiden, Li Jia-fei, mengatakan, Presiden Ma telah menyetujui pengunduran diri Yang. Latar belakang Yang memang bukan berasal dari militer.


Yang merupakan mantan akademisi di Universitas Sun Yat-sen yang berlokasi di kota Kaohsiung sebelum dia bergabung di pemerintahan. Nama Yang mulai menjulang, ketika rakyat melakukan unjuk rasa besar-besaran memprotes kematian salah satu tentara kopral bernama Hung Chung-chiu yang tewas dalam pelatihan wajib militer.


Menurut hasil investigasi yang dilakukan oleh Jaksa militer, Hung ditemukan tewas akibat terkena serangan jantung pada 4 Juli lalu. Padahal, sebentar lagi wajib militernya akan selesai.


Keluarga menyebut Hung kerap mendapat hukuman berat dari para seniornya, karena pernah kedapatan membawa masuk ponselnya ke dalam baraknya. Akibat kasus ini, pendahulu Yang, Kao Hua-chu memutuskan ikut mundur sebagai Menteri Pertahanan. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya