Terekam Sedang Menghina Rakyat, Pejabat China Dipecat

Pejabat China, Yang Dacai, divonis 14 tahun karena korupsi
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVAnews - Seorang pejabat pemerintah di China dipecat lantaran menghina dan merendahkan rakyatnya sendiri dalam sebuah jamuan makan mewah. Kelakuan tak terpuji ini terekam kamera dan tersebar di seantero Negeri Tirai Bambu.

Diberitakan Reuters, Rabu 18 September 2013, Sekretaris Partai Komunis di Kota Gushanzi, Provinsi Hebei, Liang Wenyong, direkam secara sembunyi-sembunyi oleh seseorang. Saat itu, dia sedang menyantap lobster mahal dan minuman keras berkelas.

Dalam video yang direkam Mei lalu ini, dia mengeluhkan sikap rakyat China yang menurutnya tidak tahu berterima kasih. Rakyat seperti ini, ujarnya, tidak pantas dihormati oleh orang-orang seperti dia.

"Mereka punya nasi di tangan mereka dan daging babi di mulut mereka, dan masih saja mengutukmu. Inilah kelakuan orang-orang itu. Mereka tidak tahu malu dan kau tidak boleh menghormati mereka," kata Liang di video berdurasi lima menit itu.

Teks berjalan di video menerangkan bahwa acara makan itu dihadiri oleh para petinggi Partai Komunis. Makanan yang disajikan berupa seafood, minuman keras, dan rokok. Harganya hampir mencapai 10.000 yuan atau setara Rp18,7 juta.

Video itu lantas tersebar di kalangan masyarakat China. Lembaga penyiaran China, China Radio International, mengatakan bahwa Liang telah dipecat setelah petugas pendisiplinan partai memeriksa keaslian rekaman tersebut.

Ini bukan kali pertama pejabat China dipecat gara-gara rekaman videonya tersebar. Sebelumnya, Yang Dacai, dipecat karena terbukti memakai jam-jam tangan mahal yang terekam kamera. Dia akhirnya divonis penjara 14 tahun setelah terbukti menerima suap dan korupsi. (kd)

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan
Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al Habsy saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin, 8 Mei 2023.

PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut

PKS berkomitmen membangun Indonesia bersama Partai NasDem dan PKB sampai sakaratul maut; tak ada kamus perpisahan untuk kepentingan bangsa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024