Uruguay Perbolehkan Warganya Menanam dan Menghisap Ganja

Pendukung legalisasi ganja di Uruguay
Sumber :
  • REUTERS/Andres Stapff

VIVAnews - Uruguay menjadi negara pertama di dunia yang membolehkan warganya menanam ganja di rumah dan menghisapnya. Peraturan baru ini disahkan pada voting di senat kemarin, Selasa 10 Desember 2013.

Diberitakan Reuters, undang-undang baru yang disponsori pemerintah ini didukung 16 anggota senat, dan ditolak 13 lainnya. Diloloskannya UU baru ini disambut sorak sorai ribuan warga yang telah berkumpul di luar gedung Kongres, sambil menghisap lintingan ganja, membawa balon hijau dan bendera Jamaika.

Menurut peraturan Uruguay, UU baru akan diterapkan dalam 120 hari lagi untuk persiapan. Jika persiapan rampung, April tahun depan warga Uruguay sudah bisa membeli mariyuana di apotek-apotek berizin.

Menurut UU baru, setiap bulannya warga hanya boleh membeli maksimal 40 gram mariyuana. Pembeli haruslah warga negara Uruguay berusia 18 tahun ke atas dan terdaftar di database pemerintah. Dari database ini akan dipantau pembelian dan konsumsi ganja seseorang.

Selain itu, UU ini juga memperbolehkan warga menanam enam tanaman ganja di rumah mereka sendiri setiap tahunnya, atau sebanyak 480 gram. Warga juga boleh membuat klub menghisap ganja yang terdiri dari 15 hingga 45 orang. Klub ini boleh menanam 99 tanaman ganja per tahun.

"Kami akan memulai pengalaman baru ini April nanti. Hal ini akan membuat perubahan budaya yang besar yang fokus pada kesehatan publik dan perang melawan penjualan narkoba," kata anggota senat sekaligus ibu negara Uruguay, Lucia Topolansky.

Sebelumnya, konsumsi ganja memang bebas di negara berpenduduk 3,3 juta orang ini. Namun budidaya dan penjualannya dilarang.

Prediksi Serie A: Lazio vs Juventus

Argumen mereka, pembebasan ganja adalah cara ampuh untuk memutus rantai penjualan narkoba ilegal, sekaligus bentuk pengawasan terhadap konsumsinya oleh negara.

Negara lainnya yang memperbolehkan konsumsi ganja adalah Kanada, Belanda dan Israel, serta beberapa negara bagian di Amerika Serikat. Namun, tidak ada satu pun negara ini yang membolehkan warganya menumbuhkan sendiri tanaman ini. (eh)

Harvey Moeis, suami dari artis Sandra Dewi ditetapkan sebagai tersangka korupsi

Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 

Kasus korupsi tata niaga timah yang menjerat suami Sandra Dewi, Harvey Moeis jadi sorotan, Wapres Ma'ruf Amin buka suara soal jemaah umrah WNI yang ditangkap di Saudi

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024