Berkicau Rasis di Twitter, Wanita Ini Dipecat dari Pekerjaannya

Justine Sacco
Sumber :
  • Telegraph.co.uk

VIVAnews - Seorang Direktur Komunikasi di perusahaan mentereng, Interactive Corp (IAC), Justine Sacco, terpaksa harus kehilangan pekerjaannya lantaran berkicau nyeleneh soal penyandang HIV/AIDS.

Sebelum terbang ke Afrika dari London, Sacco sempat berkicau di akun Twitternya "Berangkat ke Afrika. Semoga tidak terkena AIDS. Hanya bercanda, lagipula saya kaum kulit putih!".

Laman CNBC akhir pekan lalu melansir akibat kicauan tak pantas itu membuat kehebohan di dunia maya. Bahkan, saking banyaknya orang yang me-retweet kicauan Sacco, komentarnya sempat terpampang sebagai topik terpopuler di Twitter selama beberapa jam.

Bahkan, saat dia tengah berada dalam perjalanan ke Afrika hari Jumat pekan lalu, terdapat sebuah tagar#Justinebelummendarat. Mengetahui hal itu, tak lama kemudian, Sacco langsung menghapus akun Twitternya. Hal serupa juga dilakukan terhadap akun Facebooknya.

Pada Jumat malam, IAC terlihat geram melihat kelakuan anak buahnya itu.

"Komentar itu sungguh keterlaluan. Komentar itu sangat menyinggung dan tidak mencerminkan pandangan dan nilai IAC. Namun, kami tengah mengambil langkah-langkah yang serius," ungkap perwakilan Perusahaan IAC.

Langkah serius itu diwujudkan pada hari Sabtu kemarin. IAC secara resmi memecat Sacco. Menurut IAC, tidak ada alasan bagi pernyataan apa pun yang bernada kebencian.

"Kami harus bertindak tegas. Kami berharap, seiring dengan berlalunya waktu dan kelakuan, semangat memaafkan yang dimiliki manusia, masih membukakan celah bagi siapa pun yang memang memiliki hati yang bersih," tulis perwakilan IAC dalam sebuah pernyataan.

Sementara, setelah beberapa hari bungkam, pada Senin kemarin, Sacco meminta maaf. Sacco mengaku khilaf karena bersikap kurang peka mengenai isu ini.

Hubungan Tak Baik, Ruben Onsu dan Jordi Onsu Sudah Setahun Tak Berkomunikasi

Dia mengatakan tidak bermaksud untuk mendiskriminasikan seseorang berdasarkan ras, jenis kelamin atau orientasi seksualnya.

"Saya benar-benar meminta maaf atas luka yang telah saya akibatkan," ujar Sacco seperti dilansir laman Telegraph.

Namun, bukan kali ini saja kicauan Sacco, membuat dahi mengernyit. Sebelumnya, dia pernah menulis di Twitter: "saya baru saja bermimpi berhubungan seks dengan seorang anak autis semalam.#fml". Kicauan itu ditulis tanggal 24 Februari 2012 silam.

Kicauan lainnya yang membuat pembaca geleng-geleng kepala: "saya tidak mungkin dipecat karena mengatakan sesuatu ketika mabuk, bukan?" tulis Sacco pada 30 Januari 2013.

IAC sendiri merupakan perusahaan humas bonafit yang melayani berbagai perusahaan besar seperti Match.com, Vimeo, Ask.com, UrbanSpoon, OKCupid dan the Daily Beast.

Zeekr 009 Grand

MPV Semewah Alphard Ini Bisa Melesat Sekencang Mobil Sport

Mobil MPV ini bukan sembarang minivan, melainkan sebuah istana mini yang memadukan kemewahan, performa, dan teknologi canggih. Bagian belakang kabin dipisahkan dari depan

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024