PM Australia Pidato, Menhan AS Tertidur Pulas

Pelantikan Presiden : PM Australia Kevin Rudd
Sumber :
  • Vivanews/ Tri Saputro
VIVAnews -
Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim
Mantan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Robert Gates membuat pengakuan yang mengejutkan di buku memoarnya bertajuk "Duty: memoar seorang Menhan". Gates menceritakan pernah ketiduran di saat mantan Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd, berpidato.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Kantor berita
Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali
ABC News , Kamis 9 Januari 2014 melansir peristiwa tersebut terjadi saat Rudd menggelar resepsi makan malam tahun 2008 silam. Dalam bukunya, Gates menulis saat itu tengah melakukan rangkaian tur keliling dunia.


Bertepatan dengan itu, dia baru saja pulih dari patah bahu akibat tergelincir jatuh di Gedung Putih. Gates mengenang akibat luka tersebut, kunjungannya ke Negeri Kanguru menghasilkan momen aneh.


"Dalam sebuah acara makan malam yang diadakan oleh rekan saya yang terhormat, PM Australia, Kevin Rudd, saya merasa baik-baik saja ketika sedang berkomunikasi dengan rekan-rekan yang lain. Namun, momen aneh itu bermula ketika Rudd mulai bercerita soal sejarah Australia," tutur Gates mengenang momen lucu itu.


Dia berhasil mendengarkan dengan seksama ketika Rudd bercerita soal Perang Dunia pertama, tetapi lewat dari kisah itu, Gates ternyata tertidur di mejanya. "Saat itu perpaduan obat penghilang rasa sakit, jet lag dan segelas anggur sukses membuat saya tertidur," imbuhnya.


Rekan-rekannya yang duduk satu meja dengannya, lanjut Gates, telah berupaya membangunkan. Tapi nyatanya Gates tetap bergeming.


"Rudd begitu baik memaklumi peristiwa itu. Sementara tidak demikian dengan rekan satu tim saya. Mereka puas mengolok-olok soal dengkuran saya yang tidak diplomatis itu," kata dia.


Sementara Juru Bicara Rudd mengaku bosnya tidak terlalu ambil pusing dengan peristiwa tersebut. Rudd bahkan menyebut dirinya sendiri pernah menguap di beberapa kesempatan.


"Karena dia baru saja mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit ketika tiba di The Lodge, Tuan Rudd mengaku terkejut apabila Gates masih dapat mengingat banyak hal yang terjadi pada malam itu untuk ditulis di bukunya," kata Jubir Rudd.


Gates, lanjut Jubir Rudd, seharusnya mengikuti saran mantan pemimpin Partai Buruh itu yang memintanya untuk beristirahat dan tidak perlu datang ke acara malam itu.


"Tetapi Tuan Rudd juga masih ingat dirinya pun pernah menguap beberapa kali ketika menjadi Menteri Luar Negeri dulu, khususnya ketika fisiknya sedang berada dalam kondisi yang tidak prima," lanjutnya.


Selain kisah soal dirinya yang pernah tertidur kala mendengarkan pidato Rudd, Gates turut mengkritik Presiden Barack Obama. Dari hasil pengamatannya di tahun 2010 silam, Gates menyebut Obama skeptis terhadap penambahan pasukan di Afghanistan dan tidak tahan terhadap Presiden Afganistan, Hamid Karzai. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya