Pria Uni Emirat Arab Kini Wajib Militer

Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum
Sumber :
  • mail online

VIVAnews - Pemerintah Uni Emirat Arab pada Minggu, 19 Januari 2014 kemarin membuat konsep aturan hukum yang mewajibkan pria yang berusia antara 18 hingga 30 tahun untuk mengikuti wajib militer. Periodenya bisa berkisar antara sembilan bulan hingga dua tahun.

Laman Jerman, Deustche Welle, Minggu kemarin melansir di bawah aturan yang baru nanti, setiap pria UAE yang telah menyelesaikan SMA harus mengikuti wajib militer selama sembilan bulan. Sedangkan bagi mereka yang tidak memiliki ijazah SMA, diharuskan mengikuti wajib militer dua tahun.

Hal itu diumumkan oleh Perdana Menteri UAE Mohammed bin Rashid al-Maktoum, saat berbicara di rapat kabinet. Menurut Rashid, tujuan diberlakukan aturan ini untuk memperkuat rasa nasionalisme terhadap negara di antara pemuda UAE. Selain itu, pemerintah ingin menanamkan rasa disiplin dan pengorbanan di antara kaum muda sejak dini.

"Melindungi negara dan memelihara kemerdekaan dan kedaulatan merupakan tugas suci. Hukum baru nanti, akan mengimplementasikan itu semua," tulis Rashid di akun Twitternya.

Apabila wajib militer bagi kaum pria ini berhasil, maka kaum perempuan pun juga akan diikutkan. Namun, sifatnya sukarela.

Kendati telah diumumkan di hadapan sidang kabinet, namun hingga kini belum diketahui dengan jelas kapan sistem tersebut akan mulai diimplementasikan.

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA

Di mata para pengamat, langkah Pemerintah UAE ini sengaja ditempuh untuk meningkatkaan jumlah tentara militer mereka.  Saat ini, jumlah tentara militer dan petugas polisi UAE sangat bergantung kepada orang asing. Pasalnya 90 persen penduduk UAE dihuni oleh orang asing.

Selain itu, para pengamat menilai, UAE tengah berusaha meningkatkan pasukannya demi mencegah potensi ancaman dari Iran. Walaupun perdagangan dan hubungan budaya di antara kedua negara telah berlangsung lama.

Langkah serupa sebelumnya telah ditempuh oleh Qatar yang menyetujui rancangan aturan hukum yang mewajibkan kaum pria untuk ikut wajib militer. Aturan tersebut disahkan pada November 2013. (eh)

Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus bersama Koalisi Indonesia Maju

Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen

Sekretaris Jenderal Partai Golkar menyebut para ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) tingkat I meminta Airlangga Hartarto dipilih secara aklamasi di Munas pada Desember.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024