Vietnam Vonis Mati 30 Penyelundup Heroin Sekaligus

Ilustrasi hukuman mati.
Sumber :
  • Reuters/Morteza Nikoubazl
VIVAnews -
Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini
Vietnam memvonis mati 30 orang tersangka penyelundup heroin dalam satu pengadilan sekaligus. Ini adalah pengadilan terbesar di negara yang telah memvonis mati ratusan pelaku kejahatan ini.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Diberitakan
Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa
Daily Mail , Senin 20 Januari 2014, sebanyak 21 pria dan sembilan wanita yang seluruhnya warga negara Vietnam divonis mati karena menyelundupkan 12 ton heroin, kasus narkotika terbesar di negara itu. Sebanyak 59 tersangka lainnya divonis beragam, beberapa divonis seumur hidup.


Semua tersangka dihadirkan dalam satu pengadilan di provinsi Quang Ninh dekat perbatasan China. Setiap mereka diapit oleh dua orang polisi. Saking banyaknya orang, pengadilan akhirnya digelar di sebuah lapangan.


"Ini adalah pengadilan terbesar di Vietnam dalam hal tersangka, orang yang divonis mati, dan jumlah heroin," kata hakim Ngo Duc yang memimpin 17 kali pengadilan itu.


Menurut penyidik, para tersangka berasal dari empat jaringan penyelundup internasional yang mendapatkan heroin dari Laos dan memasukkannya ke Vietnam dan China sejak 2006. Kebanyakan tersangka berasal dari provinsi yang berbatasan dengan China dan Laos, wilayah miskin yang dihuni kelompok etnis minoritas.


Jaringan ini berhasil diringkus pada Agustus 2013, namun pemimpin mereka berhasil kabur. Disita juga 20 mobil mewah, puluhan pistol dan senjata lainnya dalam penggerebekan.


Negara komunis Vietnam memang dikenal punya peraturan anti narkoba yang sangat ketat. Siapapun yang kedapatan memiliki lebih dari 600 gram heroin atau lebih dari 20 kilogram opium terancam hukuman mati.


Saat ini ada lebih dari 700 orang tervonis mati yang menunggu dibariskan di depan bedil algojo, termasuk di antaranya puluhan orang asing. Vietnam tidak mempublikasikan berapa yang telah dieksekusi, namun menurut Amnesty International tahun 2012 ada 86 orang dieksekusi. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya