Orang Mati Dipilih Jadi Walikota

VIVAnews - Penduduk kota Winfield, negara bagian Missouri, Amerika Serikat (AS) memilih kembali Harry Stonebraker menjadi wali kota mereka untuk masa jabatan keempat pada Selasa, 7 April 2009. Masalahnya, Stonebraker telah meninggal sebulan sebelum hari pemungutan suara.

Stonebraker wafat pada 11 Maret lalu akibat serangan jantung. Namun kematian tidak mencegahnya memenangi pemilihan umum dengan mudah. Dia dipilih 206 orang, mencapai 90 persen dari seluruh suara. Lawannya, Aldermen Bernie Panther hanya mengumpulkan 23 suara.

Pejabat County Lincoln Elaine Luck mengaku tidak terkejut dengan kemenangan Stonebraker. Luck mengatakan Stonebraker adalah wali kota yang sukses membantu 1.500 warga saat menghadapi musibah banjir, yang menghancurkan lebih dari seratus rumah pada 2008.

"Saya sudah memperkirakan Stonebraker akan menang karena dia terus bertambah populer, bahkan setelah meninggal," kata Luck.

Namun demikian, Luck mengatakan jabatan walikota akan diserahkan kepada Aldermen hingga pemilihan umum istimewa digelar pada April 2010.

Kejadian serupa pernah terjadi pada pemilihan anggota Senat Amerika Serikat dari Missouri, 2000 lalu. Saat itu kandidat Demokrat Mel Carnahan tewas dalam kecelakaan pesawat seminggu sebelum pemilihan. Namun Carnahan tetap mengalahkan kandidat Republik John Ashcroft.

Istri Carnahan, Jean menggantikan suaminya di Senat hingga pemilihan umum istimewa digelar pada 2002 di mana Jean dikalahkan kandidat Republik Jim Talent. (AP)

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024
Nathan Tjoe-A-On

Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong buka suara terkait Nathan Tjoe-A-On yang bisa kembali memperkuat Timnas Indonesia U-23 di perempat final Piala Asia U-23 2024

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024