Crimea Memanas, Serdadu Rusia Lepaskan Tembakan Peringatan

Tentara Rusia di Crimea, Ukraina
Sumber :
  • REUTERS/Thomas Peter

VIVAnews - Ketegangan politik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina semakin memperuncing kondisi militer di Crimea, wilayah otonomi Ukraina, yang kini diduduki Rusia. 

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?

Sebuah video yang dirilis Mirror, menunjukkan kondisi terbaru dimana pasukan Rusia melepaskan tembakan peringatan ke arah pasukan Ukraina yang mendekati pangkalan udara Belbek di Crimea, kendati mereka tidak bersenjata. 

Dalam video yang juga dirilis di YouTube itu, terlihat seorang tentara Rusia mengancam akan menembak kaki pasukan Ukraina yang mendekat. Adapun mereka yang mendekat merupakan pasukan yang sebelumnya menjaga pangkalan udara Belbek. Maksud mereka adalah bernegosiasi dengan pemimpin pasukan Rusia. 

Pesan Widodo Untuk Pemain Arema FC Usai Kalah Dari Rival 

Pasukan Ukraina terlihat mendekati pangkalan sembari bernyanyi lagu kebangsaan dan membawa bendera Ukraina. Dari kejauhan, terdengar suara tembakan dilepaskan, pasukan dan awak media pun sontak menunduk. 

Salah seorang awak media menangkap gambar seorang tentara yang menodongkan senjata ke arah pasukan Ukraina dan lalu melepaskan tembakan ke udara.

Saat ini, terdapat kurang lebih 12 tentara Rusia yang berpatroli di pangkalan udara Belbek. Mereka terus memperingatkan pasukan Ukraina agar tidak mendekat.

Selain tembakan peringatan yang dilepaskan tentara Rusia, tidak ada tindakan kekerasan yang terjadi di Crimea. Kendati demikian, dua kapal perang Ukraina sudah bersiaga di pelabuhan Sevastopol, Crimea. 

Di lain pihak, juru bicara Presiden Putin mengatakan pada kantor berita Rusia, Itar-Tass, bahwa Presiden Rusia tersebut telah memerintahkan pasukan militer yang berlatih perang di wilayah Rusia Barat, dekat perbatasan Ukraina, untuk pulang ke pangkalan mereka. 

Sepanjang minggu, Rusia sudah melakukan latihan perang intensif di wilayah barat Rusia, yang mengirimkan pesan bahwa Rusia kemungkinan akan melakukan invasi militer ke Ukraina Timur yang memang pro-Rusia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya