Pembajak MH370 Terlatih, Polisi Datangi Rumah Kapten Pilot

Malaysia Airlines Boeing 777-200
Sumber :
  • wikipedia.org

VIVAnews - Kepolisian Malaysia langsung bergerak ke rumah pilot pesawat Malaysia Airlines MH370, Zaharie Ahmad Shah, usai pengumuman terbaru oleh PM Malaysia Najib Razak mengenai upaya pembajakan pesawat tersebut.

Polisi senior Negeri Jiran itu, melansir Straits Times, Sabtu 15 Maret 2014 mengungkapkan polisi mendatangai rumah pria berusia 53 tahun itu sore ini.

Perkembangan terbaru investigasi menyebutkan, pesawat yang terlacak oleh radar militer terkonfirmasi, merupakan pesawat MH370 yang tiba-tiba hilang saat mencapai udara  pantai timur Semenanjung Malaysia, sepekan lalu.

Pagi tadi, pejabat militer Malaysia menyebutkan pesawat hilang setelah dibajak seseorang yang sangat terlatih dan memiliki pengetahuan yang baik dalam penerbangan, layaknya pilot.

Tidak diketahui motif polisi mendatangi rumah kapten pilot ini, apakah terkait dengan dugaan yang mengarah kepada Zaharie atau bukan.

Sebelumnya dua hari lalu, polisi setempat sudah mendatangi rumah kopilot, Fariq Abdul Hamid yang masih berusia 27 tahun.  Petugas menggali keterangan dari kerabat Farid untuk membantu dukungan penyelidikan pesawat yang raib sepekan lalu itu.

Sosok religius

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

Namun Reuters melansir, kolega melihat sosok Zaharie sebagai seseorang yang biasa saja, jauh dari kesan sembrono dalam mengemudikan pesawat. Pengakuan ini sekaligus menepis dugaan pilot berkontribusi raibnya pesawat yang membawa 227 penumpang dan 12 awak itu.

Zaharie, kata rekan kerja, merupakan penggemar penerbangan yang menghabiskan hari liburnya untuk bermain-main dengan simulator penerbangan pesawat yang dibangun di rumahnya.

Senada dengan pandangan rekan kerja atas Zaharie, keluarga rekan pilot, Fariq, menilai ia tak mungkin terlibat dalam raibnya pesawat. Keluarga melihat sosok Fariq sebagai seorang yang saleh, ia sangat religius.

Keluarga dan rekan kerja Fariq mengaku sering melihat Fariq salat berjamaah di sebuah masjid dekat rumah.

"Saya belum berhenti berdoa kepada Allah dengan harapan cucu saya dan penumpang lain selamat," ujar nenek Fariq, Haliman Abdul Rahman.

"Dia adalah orang yang baik, hormat kepada orang tua dan agama," ujar Halimah.

Sebelumnya, situs berita Australia melaporkan dua penumpang Malaysia Airlines pada Desember 2011 silam, Jonti Roos dan Jaan Maree, mengaku Fariq pernah melanggar aturan dengan mengatakan keduanya berfoto di kokpit atau ruang kemudi saat pesawat tengah mengudara. Bukan itu saja, penumpang itu juga mengaku Fariq merokok di kokpit.

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat
VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024