Kapal China Tangkap Sinyal, Diduga Datang dari Black Box MH370

pencarian jejak pesawat mh370 masih berlanjut
Sumber :
  • REUTERS/Australian Defence Force
VIVAnews -
Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan
Kapal China menangkap sinyal yang diduga kuat datang dari black box pesawat Malaysia Airlines MH370 di Samudera Hindia. Walau belum bisa dikonfirmasi kebenarannya, sinyal tersebut memberi harapan di tengah pencarian yang sejauh ini tanpa hasil.

4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur

Diberitakan
5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Korea Selatan vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23
Channel News Asia yang mengutip
Xinhua
, Minggu, 6 April 2014, kapal China Haixun 01 menangkap sinyal sekitar 25 derajat lintang selatan dan 101 derajat bujur timur di Samudera Hindia. Sinyal yang ditangkap memiliki frekuensi 37,5kHz, sama dengan yang dikeluarkan black box pesawat.


Selain itu, menurut kepala koordinasi pencarian MH370, Kepala Angkatan Udara Australia, Marsekal Angus Houston, beberapa objek berwarna putih juga terlihat sekitar 90 kilometer dari wilayah yang dideteksi kapal China. Namun, dia mewanti-wanti bahwa sampai saat ini belum ada konfirmasi apapun soal kebenarannya.


"Belum ada konfirmasi pada tahap ini soal sinyal dan objek yang berhubungan dengan pesawat hilang," kata Houston.


Australia juga telah meminta informasi lebih lengkap dari China dan mereka akan mengirimkan pasukan pencari ke wilayah tersebut. China juga menyampaikan hal yang sama soal belum adanya kepastian penemuan black box ini. Seperti yang sudah-sudah, penemuan berakhir mengecewakan saat bukti yang diperoleh ternyata bukan dari MH370.


"Denyut sinyal yang ditangkap Haixun 01 belum diidentifikasi," kata Pusat Penyelamatan danĀ  Pencarian Maritim China.


Lebih dari 10 pesawat militer, dua pesawat sipil dan 13 kapal diturunkan untuk menyisir perairan Samudera Hindia pada hari ini, hampir sebulan setelah pesawat yang membawa 239 penumpang dan kru hilang, 8 Maret lalu.


Pencarian hari ini akan dikonsentrasikan di radius 216.000 kilometer persegi, sekitar 2.000 kilometer timur laut Perth di Samudera Hindia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya