Jenderal Sisi Bersumpah Berantas Ikhwanul Muslimin di Mesir

Panglima militer Mesir Jenderal Abdel Fattah al-Sisi
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Jenderal Abdel Fattah al-Sisi telah menyampaikan niatnya untuk mengajukan diri dalam pemilihan calon Mesir di akhir bulan ini. Tokoh utama yang berperan dalam tergulingnya Mohammed Mursi ini bersumpah jika terpilih akan "memberantas habis" gerakan Ikhwanul Muslimin.

Diberitakan Reuters, Senin 5 Mei 2014, Sisi mengatakan bahwa IM adalah gerakan militan garis keras. Kelompok IM tumbuh subur dalam pemerintahan Mursi. Setelah Mursi terguling, massa turun ke jalan, berujung bentrok yang menewaskan ratusan orang.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Dalam wawancara dengan stasiun televisi CBC dan ONTV, Sisi ditanya apakah jika terpilih nanti dia akan memusnahkan IM, dia menjawab "Ya, itu benar."

"Saya katakan pada Anda, bukan saya yang memusnahkannya (IM). Tapi kalian, rakyat Mesir, adalah yang menghabisinya," kata Sisi lagi.

Sisi diprediksi dapat menang mudah dalam pemilu presiden Mesir pada 26-27 Mei mendatang. Rivalnya adalah politisi sayap kiri Hamdeen Sabashi yang pada pemilu 2012 dikalahkan telak oleh Mursi.

Pendukung Sisi menganggap komandan militer Mesir ini akan mampu menciptakan stabilitas di negara tersebut dan menghentikan kekerasan politik pasca tergulingnya Mursi. Sementara dari kubu IM, Sisi disebut sebagai otak kudeta terhadap Mursi, presiden Mesir pertama yang dipilih melalui pemilu.

"Ada dua upaya pembunuhan terhadap saya. Saya percaya takdir, saya tidak takut," ujarnya.

Jika dia terpilih, berarti Mesir akan kembali dipimpin oleh militer. Kelompok HAM mengatakan, yang sudah-sudah, dalam kepemimpinan militer seperti Husni Mubarak di Mesir, media dan oposisi diberangus dan dihantui penangkapan.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool
Mensos Risma

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Dalam acara bertajuk YouTube Seribu Kartini Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat,19 April 2024, Menteri Sosial Risma mengemukakan bahwa seorang kreator konten tidak takut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024