PM Pakistan Hadiri Pelantikan PM Baru India

Narendra Modi, calon perdana menteri baru India
Sumber :
  • REUTERS/Amit Dave
VIVAnews - Perdana Menteri terpilih India, Narendra Modi, dilantik pada Senin malam 26 Mei 2014 waktu setempat. Modi mengundang hampir 3.000 tamu, termasuk yang dari Pakistan, Perdana Menteri Nawaz Sharif. 
Menyelami Dampak Negatif FOMO pada Pengguna Media Sosial

Dilansir dari kantor berita BBC, Sharif telah memastikan diri untuk hadir. Maka, ini akan menjadi pertemuan bersejarah, karena baru kali pertama sejak kedua negara itu merdeka tahun 1947 silam, seorang PM dari suatu negara akan menghadiri upacara pelantikan pemimpin negara tetangganya. 
Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Perindo Sampaikan 4 Sikap

Selain menghadiri upacara pelantikan, Sharif dijadwalkan juga akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Modi keesokan harinya. Kedua negara yang sama-sama memiliki senjata nuklir itu telah berperang selama 60 tahun terakhir. 
Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Sementara pemimpin Partai Bharatiya Janata (BJP) itu memilih untuk bersikap keras terhadap Pakistan. Presiden India Pranab Mukherjee akan memimpin upacara pengambilan sumpah di kantor kepresidenan. 

Di saat bersamaan, Mukherjee juga akan mengambil sumpah Dewan Menteri. Dalam akun Twitternya, Modi mengindikasikan bahwa pemerintahannya akan lebih ramping demi efisiensi pemerintahan. 

Lebih dari 6.000 personil keamanan telah dikerahkan untuk acara pelantikan di area terbuka. Langit di atas area istana kepresidenan disterilkan dari pesawat. 

Menurut komisioner gabungan polisi, Anil Shukla, akan ada banyak jalan yang ditutup demi kepentingan upacara pelantikan. 

"Hanya kendaraan dengan tanda khusus akan diizinkan melintasi jalan mendekati area pelantikan. Pergerakkan semua kendaraan di beberapa jalan akan tetap dibatasi atau dialihkan ke jalan lainnya. Ini semua demi kepentingan keamanan kepala negara yang diundang," ujar Shukla yang dilansir stasiun berita Channel News Asia. 

Tercatat ada tujuh pemimpin negara dari kawasan Asia Selatan yang memastikan hadir, termasuk dari Mauritius. 

Seleb Bollywood

Para selebritas Bollywood pun tidak ikut ketinggalan untuk hadir di acara pelantikan itu. Beberapa ikon film Bollywood seperti Ambitabh Bachchan, Salman Khan dan Rajanikant, memastikan diri akan hadir. 

Mereka merupakan model pendukung Modi ketika masih menjabat sebagai Kepala Menteri selama tiga periode di negara bagian Gujarat. 

Dalam pemilu yang digelar kemarin, BJP berhasil meraih suara mayoritas antara 249-289 dari 543 kursi di majelis rendah India. Jumlah ini melampaui batasan perolehan mayoritas yaitu 272 kursi.

Berarti, BJP layak membentuk pemerintahan tanpa harus berkoalisi dengan partai lain. Hasil pemilu ini sekaligus menjadikan BJP partai di India pertama sejak 1984 yang berhasil mendapatkan suara mayoritas. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya