Isu Telur Palsu Merebak di Malaysia

Ilustrasi Telur Ayam
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Merebaknya isu penjualan telur palsu di Malaysia, membuat media di negara jiran itu membuat artikel tentang cara membedakan telur asli dan palsu.

Naik Uber Saat Mabuk Ditagih Ongkos Rp23 Juta

Dilansir dari laman The Star, Rabu, 25 September, konsumen diminta memperhatikan karakteristik telur seperti kuning telurnya yang lebih berwarna dari telur asli.

Disebutkan bahwa peredaran telur palsu di pasar Malaysia muncul sejak 2011. Asosiasi Konsumen Penang (CAP) telah mengumumkan perbedaan telur asli dan palsu.

Heboh Bule Nyanyikan Lagu Gombloh dengan Merdu

Kulit telur palsu--yang diduga berasal dari China--memiliki permukaan lebih kasar serta ukuran yang lebih besar dari telur normal.

Presiden CAP S.M. Mohamed Idris mengatakan jika dipecahkan, telur asli akan beraroma seperti daging mentah. Sementara yang palsu tidak.

Merasa Gatal, Ternyata Ada 26 Kecoa di Telinga

Saat diguncangkan, juga akan terdengar suara cairan bergerak pada telur mentah yang asli, berbeda dengan isi telur palsu yang berbentuk gel.

Pada sebuah rekaman video yang tersebar di internet, Agustus lalu, seorang perempuan memperlihatkan telur yang direbusnya bertekstur seperti karet.

Kementerian Kesehatan Malaysia, awal pekan ini juga membuat pernyataan bahwa telur kulit palsu terbuat dari bahan kimia seperti kalsium karbonat. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya