Kebakaran Hutan di California, AS

Si Jago Merah Lahap 1.092 Hektar Lahan

VIVAnews - Dinas pemadam kebakaran negara bagian California, Amerika Serikat, menyatakan kebakaran di hutan dekat kota Santa Barbara telah menghanguskan 75 rumah. Kepala batalion Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran, Mike Carr, mengatakan api telah membakar lahan seluas 1.092 hektar.

"Baru sepuluh persen ditangani," kata Carr.

Sebanyak 13.000 warga harus mengungsi dan puluhan rumah telah habis terbakar. Api semakin merajalela akibat temperatur tinggi dan kelembapan rendah. Sebanyak 1.400 pemadam dikerahkan untuk menjinakkan api ini.

Enam bulan lalu, api juga pernah membakar 200 rumah di Santa Barbara dan Montecito. Wilayah yang terbakar itu dikenal sebagai American Riviera, rumah bintang film, mantan presiden, dan Oprah Winfrey.

Para pemadam masih belum dapat mengendalikan api dan mereka bersiaga untuk menghadapi sundowner, angin kencang dari gunung Santa Ynez yang berada di belakang Santa Barbara.

Kepala pemadam Santa Barbara Tom Franklin mengatakan angin sundowner itu belumĀ  berhembus hingga Kamis malam. Namun dia memperingatkan warga untuk tetap waspada karena api masih tetap merajalela. (AP)

Mau Beli Avanza atau Veloz Bekas, Segini Harga dan Pajak Tahunannya
Bangunan SDN 4 Kolakasi roboh setelah tertimpa tanah longsor di Kabupaten Kolaka

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Beruntung longsor ini terjadi di luar jam pembelajaran anak-anak sekolah hingga tidak menimbulkan adanya korban. "Kejadiannya ini untung anak sekolah sudah pulang semua."

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024