Yordania dan Mesir Tahan Dua Pemimpin Persaudaraan Muslim

Pendukung Persaudaraan Muslim dalam aksi protes di Yordania
Sumber :
  • Reuters
VIVAnews
Catherine Wilson Tuntut Nafkah Rp100 Juta Per Bulan, Idham Masse Ungkap Hal Mengejutkan
- Otoritas Yordania menahan wakil ketua partai Ikhwanul Muslimin (Persaudaraan Muslim), Kamis 20 November, karena mengeluarkan kritik atas langkah Uni Emirat Arab untuk memasukkan kelompok itu dalam daftar teroris.

3.37 Mln Hectares Palm Plantation Inside Forest Area, KLHK Identifies

Dilansir dari
AC Milan Jangan Gegabah Ganti Pioli dengan Conte
Reuters , Jumat 21 November, Zaki Bani Rushaid ditahan setelah rapat di markas partai Islam itu di Amman. Perintah penahanan dikeluarkan oleh jaksa penuntut umum Yordania, atas tuduhan mengganggu hubungan dengan negara sahabat.


Sementara di Mesir, polisi menahan Mohamed Ali Bishr, salah satu pemimpin Persaudaraan Muslim yang terbebas dari hukuman penjara, setelah dijatuhkannya Presiden Mohamed Mursi yang merupakan wakil dari Persaudaraan Muslim, pada 2013.


Bishr yang menjabat menteri dalam pemerintahan Mursi, dituduh memicu kekerasan dan aksi terorisme, serta berusaha menggulingkan pemerintah setelah menyerukan aksi protes besar pada 28 November mendatang.


Sejak dijatuhkannya Mursi, pada Juli 2013, Mesir telah menetapkan Persaudaraan Muslim sebagai organisasi terlarang. Setelah banyak pemimpinnya yang dipenjara, Bishr memainkan peran kunci dalam menjaga gerakan bawah tanah kelompok itu.


Bishr akan ditahan selama 15 hari untuk diminta keterangan. Persaudaraan Muslim, salah satu organisasi Islam tertua dan paling terorganisir di Mesir, muncul ke pentas politik setelah digulingkannya Presiden Hosni Mubarak, pada 2011.


Setelah beberapa dekade menjadi organisasi terlarang di Mesir, Persaudaraan Muslim untuk pertama kalinya memenangkan pemilihan umum dan pemilihan presiden. Mursi memimpin selama setahun, namun dijatuhkan setelah aksi protes publik.


Abdel Fattah al-Sisi yang memenangkan pemilihan presiden, Mei 2014, berjanji bahwa Persaudaraan Muslim tidak akan dijadikan organisasi terlarang selama pemerintahannya. Namun kelompok itu masih mendesak agar Mursi kembali ditetapkan sebagai presiden.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya