Kebakaran California Hanguskan 3.480 Ha Lahan

VIVAnews - Api di Santa Barbara, California terus bergerak melalap ratusan rumah dan memaksa warga untuk mengungsi. Dinas Kehutanan dan Penanggulangan Kebakaran California mengatakan api telah menghanguskan 3.480 hektare (ha) lahan pada Jumat, 8 Mei malam.

Setidaknya 30.500 warga Santa Barbara telah diperintahkan mengungsi akibat api yang telah merusak sekitar 80-a rumah ini. Lebih dari 12.200 rumah atau kantor berada di kawasan wajib evakuasi.

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Santa Barbara Tom Franklin, api bergerak seperti kereta luncur karena perubahan pola cuaca. "Cuaca terus menipu kami, kadang terlihat tenang namun langsung berubah," ujarnya seperti dimuat laman stasiun televisi CNN.

Kebakaran itu telah menghanguskan perumahan di kaki bukit sejak dimulai Selasa, 5 Mei lalu. Sebanyak 2.500 pemadam diturunkan, namun mereka baru berhasil menjinakkan api sebanyak sepuluh persen pada Jumat pagi.

Para pemadam berharap angin segera berhenti berhembus untuk membantu mereka memadamkan kobaran. Namun api berbalik arah pada Kamis malam, 7 Mei lalu menuju perumahan. Kecepatan tertinggi angin tersebut mencapai 50 mil per jam.

Penyebab kebakaran belum diketahui. Sementara itu, pemerintah mengaku sedang mengumpulkan informasi untuk penyelidikan awal. Kebakaran ini terjadi enam bulan setelah sekitar 200 rumah di Santa Barbara hangus dalam kebakaran kebun teh.

Penyanyi Bro Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal
Megawati Soekarniputri bertemu dengan Prabowo Subianto di Teuku Umar

M. Qodari Sebut Rencana Pertemuan Prabowo-Megawati Terganjal Sikap Ambigu PDIP

Pertemuan presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri terganjal sikap ambigu PDIP yang memberikan dua signal berbeda.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024