Vazquez Menangkan Pilpres Uruguay

Presiden terpilih Uruguay Tabare Vazquez
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Pazos

VIVAnews - Kubu sosialis kembali meneruskan kekuasaannya di Uruguay, setelah Tabare Vazquez kembali terpilih sebagai presiden, melalui putaran kedua pilpres, Minggu, 30 November 2014. Dia memperoleh 52,8 persen suara.

Sementara rivalnya dari koalisi tengah kanan, Luis Lacalle Pou, hanya mendapat 40,5 persen. Dilansir Reuters, Senin, 1 Desember 2014, Lacalle mengakui kekalahannya, setelah hitung cepat memperlihatkan kemenangan mudah Vazquez.

Ribuan pendukung Vazquez turun ke jalan-jalan di Montevideo, yang tengah diguyur hujan deras. Vazquez yang berusia 74 tahun, merupakan seorang pakar onkologi yang berhasil menyelesaikan perpecahan di Broad Front, akhir 1990-an. Dia berkuasa pada 2005, mengakhiri dua dekade kekuasaan kubu konservatif.

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal

"Saya berjanji melakukan yang terbaik. Tapi tidak dapat, tidak boleh dan tidak mau bekerja sendiri. Saya ingin melibatkan semua rakyat Uruguay," kata Vazquez.

Saat menjabat presiden pada 2005-2010, berbagai programnya untuk memperbaiki kesejahteraan, serta kebijakan pro-bisnisnya, membantu perbaikan dalam pertumbuhan ekonomi, serta mengurangi kemiskinan.

Kembali berkuasa kedua kalinya, dia menggantikan Jose Mujica yang merupakan sekutu terdekatnya, mantan gerilyawan yang terkenal tegas, namun rendah hati dan dekat dengan rakyat. Mujica juga lekat dengan julukan presiden termiskin di dunia.

"Pemerintahan ketiga Broad Front akan memperlihatkan pada dunia bahwa Uruguay dapat menjadi progresif dan sukses, mengurangi kemiskinan dengan tetap mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dari sebelumnya," kata seorang warga, Richar Martinez, yang ikut merayakan kemenangan Vazquez.

Vazquez, putra seorang pemimpin serikat pekerja, mengakhiri periode pertama kepemimpinannya dengan popularitas mencapai 70 persen. Tapi seperti Mujica saat ini, dia dilarang oleh konstitusi untuk menjabat periode kedua secara berturut.

Broad Front memenangkan posisi mayoritas di Kongres dalam pemilu, November, sehingga pemerintahan Vazquez akan sangat kuat saat dia mulai menjabat, pada 1 Maret 2015.

Simak juga:

Ini Dia Para Tersangka Penembakan di Moskow Rusia

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

Dalam berita terbaru yang mengejutkan, dilaporkan bahwa empat teroris yang terlibat dalam serangan mengerikan di gedung konser Balai Kota Crocus dekat Moskow pada Jumat,

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024