Seribu Karyawan Salah Pecat Kembali Bekerja

VIVAnews - Perusahaan pembuat IC (integrated circuit) terbesar di dunia, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TMSC) memanggil kembali seribu pekerjanya yang telah dirumahkan. Mereka beralasan pemecatan sebelumnya merupakan kesalahan.

Morris Chang, Direktur TMSC mengundang para pekerjanya melalui sebuah rekaman video pada Rabu (20/5). Chang mengatakan, pekerja TMSC merupakan aset terpenting perusahaan. “Kami berjanji tidak akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karena masa terburuk bagi perusahaan sudah berlalu,” kata Chang seperti dikutip laman CENS.

Chang juga menyesali kesulitan yang disebabkan oleh PHK massal pada awal 2009. Menurut Chang, PHK besar-besaran itu disebabkan kesalahan dalam sistem Pengelolaan dan Pengembangan Prestasi (PMD). 

Chang mengatakan perusahaan sedang berupaya memperbaiki sistem tersebut. Menurut dia, PMD seharusnya tidak menjadi pertimbangan untuk melakukan PHK. Sistem PMD seharusnya berfungsi untuk menyemangati pegawai.

Keputusan TMSC ini mengakhiri kisruh akibat PHK selama beberapa bulan terakhir. Para pekerja yang dirumahkan telah menggelar aksi protes terhadap perusahaan yang memaksa mereka menandatangani surat pengunduran diri suka rela. Akhir bulan lalu, para pegawai berkumpul di depan rumah Chang di distrik Dazhi, Taipei. 

Aksi ini telah mencoreng citra TMSC. Alasannya, para pekerja yang dipaksa mengundurkan diri sadar bahwa mereka tidak akan mendapatkan uang pesangon.

Kebijakan perusahaan memanggil para pegawai itu berjalan seiring kebangkitan perusahaan. Pendapatan TMSC pada triwulan kedua 2009 diperkirakan akan membumbung 80 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Para pegawai ini akan dikembalikan ke posisi dan gaji yang sama dengan saat mereka dipecat. Mereka juga akan diberi bonus tahunan ketika kembali bekerja, Juni mendatang. Sementara para pegawai yang menolak bergabung kembali akan diberi pesangon tambahan.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol
Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024