Jepang akan Tingkatkan Peran Militer di Dunia

Wajah Sedih Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe
Sumber :
  • REUTERS / Yuya Shino
VIVA.co.id
12-11-1948: Penjahat Perang Jepang Divonis Mati
- Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dalam kunjungannya ke Washington, akan menyampaikan pesan jelas pada Amerika Serikat (AS), bahwa Jepang siap untuk mengambil tanggungjawab lebih dalam persoalan keamanan dunia.

Jepang Siap-siap Berganti Kaisar

Pemimpin Partai Demokratik Liberal (LDP), Hajime Funada, yang dikutip
Menteri Pertahanan Baru Jepang Ultimatum Korut dan Tiongkok
Reuters , Jumat, 24 April 2015, mengatakan Abe akan meminta jaminan bahwa AS akan muncul, jika terjadi bentrok dengan China.


"AS tentunya telah berkomitmen dan memiliki kepentingan di Asia, tapi kami ingin mereka memberikan perhatian lebih ke Asia, dan membangun pengaruhnya terhadap China," kata Funada.


Jepang yang dibatasi oleh konstitusi pasifis, mendapat kritik di AS selama beberapa dekade, karena dianggap memanfaatkan belanja militer AS, sementara menggunakan uang mereka untuk pembangunan ekonomi daripada membangun pertahanannya.


Abe di Washington akan menekankan bahwa waktu telah berubah untuk mantan musuh yang kini menjadi sekutu terdekat. "Bagian dari pesan adalah, Jepang akan memainkan peran lebih besar dalam keamanan," ucap seorang pejabat Jepang.


Pidato Abe di Kongres AS pada 29 April, akan didahului pertemuan dengan Presiden AS Barack Obama sehari sebelumnya. Dia juga akan mengungkap kesepakatan pertahanan terbaru dengan AS.


Revisi atas perjanjian yang baru dilakukan sejak dibuatnya panduan kerjasama pada 1997, akan merefleksikan perubahan besar dalam kebijakan keamanan Jepang, memperluas peran Jepang di dunia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya