Dunia Melupakan Yatim Piatu Korban Ebola

Anak-anak yatim piatu karena ebola.
Sumber :
  • Street Child
VIVA.co.id
Vaksin Ebola Semakin Menjanjikan
- Ada belasan ribu anak-anak yang menjadi yatim piatu, setelah ayah dan ibu mereka meninggal karena ebola. Sebagian telah bunuh diri karena putus asa, sisanya sekarat karena kelaparan.

KSAL Bagikan Bingkisan Bagi Anak Yatim dan Nelayan

Kondisi lebih buruk diterima anak-anak perempuan, yang dipaksa masuk dalam industri seks, demi memperoleh makan. Setahun berlalu setelah terjadinya endemik ebola di Afrika, masyarakat dunia seakan telah meninggalkan mereka.
Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia


Dikutip laman
Daily Mail
, Rabu, 20 Mei 2015, para peneliti dari organisasi amal Inggris, Street Child yang beroperasi di Sierra Leone, memperkirakan ada sedikitnya 12.000 yatim piatu, yang harus mengurus diri mereka sendiri.


Street Child menemukan bahwa anak-anak itu, ditolak oleh komunitas mereka karena stigma negatif ebola. Tidak sedikit yang telah bunuh diri, karena merasa sangat putus asa.


"Banyak komunitas di pedesaan yang pernah dikarantina karena ebola, kehilangan panen dan kini sangat menderita karena kelaparan," kata pemimpin tim peneliti, John Pryor.


Anak-anak yatim piatu karena ebola.


Wilayah Afrika yang terkenal miskin, sudah dalam situasi memprihatinkan. Dapat dibayangkan, seperti apa kondisi buruk yang harus dialami anak-anak yatim piatu, sebagai kelompok yang paling rentan.


Anak-anak yang sebagian besar masih berusia di bawah 10 tahun itu kehilangan orangtua dan saudara. Sementara itu, masyarakat di sekitar mereka, kerabat keluarga sekalipun, menolak mereka karena stigma negatif ebola.


Pada pernyataan bersama, Tom Dannat dan Kelfa Kargbo dari Street Child, mendesak organisasi-organisasi kemanusiaan besar di Sierra Leone, agar segera bertindak. "Kami memohon pada para donor, besar atau kecil," kata mereka.


Saat ebola merebak sepanjang 2014, tidak banyak negara yang memberikan perhatian, menghadirkan fakta menakutkan tentang berapa besar kemungkinan, dunia akan memperhatikan anak-anak yatim piatu itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya