ASEAN-Korsel Sepakati Perlindungan Investasi

VIVAnews - Para pemimpin Perhimpunan Negara Asia Tenggara (ASEAN) dan Korea Selatan (Korsel) menyepakati perjanjian perdagangan bebas (FTA) di bidang investasi, Selasa 2 Juni 2009. Kesepakatan itu menjadi puncak negosiasi selama beberapa tahun yang bertujuan untuk menghapus tarif dan meningkatkan perdagangan bilateral antara ASEAN dan Korsel.

Seperti dikutip dari kantor berita Yonhap, menteri perdagangan Korsel, Kim Jong-hoon, menandatangani perjanjian tentang liberalisasi dan proteksi investasi dengan sepuluh mitra dari ASEAN di samping pertemuan khusus ASEAN-Korsel untuk memperingati 20 tahun kemitraan ASEAN dan Korsel di Pulau Jeju, Korsel.

"Pakta ini mencakup ketentuan di mana para investor akan mendapat keadilan, proteksi, dan keselamatan yang mencukupi. Transparansi akan terjamin dan para investor berhak untuk menggunakan prosedur penyelesaian konflik negara investor," kata Departemen Perdagangan dan Urusan Luar Negeri Korsel dalam sebuah pernyataan.

Penandatangan ini dilakukan setelah kedua pihak mencapai kata sepakat dalam FTA tentang investasi pada April tahun ini, menandai berakhirnya perundingan penghapusan tarif dan ekspansi perdagangan, investasi, dan lapangan bisnis lain antara Korsel dan organisasi politik dan ekonomi Asia Tenggara tersebut.

Departemen Perdagangan Korsel memperkirakan kesepakatan dengan tiap anggota ASEAN akan efektif dalam jangka waktu satu tahun. ASEAN terdiri atas Brunei Darusalam, Kamboja, Laos, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Menurut menteri perdagangan Korsel, perdagangan Korsel dengan ASEAN bernilai US$ 90,2 miliar pada 2008. Investasi Korsel di Asia Tenggara bernilai US$ 5,9 miliar tahun lalu.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Perubahan membuat Korsel menjadi mitra dagang terbesar ketiga bagi ASEAN setelah China dan Uni Eropa. Sedangkan bagi Korsel, ASEAN menjadi mitra dagang terbesar kelima.

Ilustrasi pasangan bercinta.

Ini 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang

Hasilnya, rata-rata waktu mereka bisa bertahan di atas ranjang hanya berkisar 5,4 menit. Dan banyak pria yang tidak bisa bertahan selama 5,4 menit.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024