Lomba Tour de France ala Penghuni Penjara

VIVAnews - Sekitar 200 narapidana di Prancis kini tengah bersiap-siap mengayuh sepedanya untuk mengikuti lomba ala turnamen legendaris, Tour de France. Para narapidana ini akan bersepeda sejauh 2.400 kilometer melewati 17 kota dari Lille hingga Paris.

"Bagi kami, ini semacam penyegaran, kesempatan untuk keluar dari rutinitas dalam penjara. Mungkin jika kami berperilaku baik, ada kesempatan kami mendapat pemotongan masa hukuman," kata narapidana bernama Daniel seperti dikutip laman stasiun televisi BBC, Kamis, 4 Juni 2009. Namun tidak disebutkan kapan lomba berlangsung.

Sudah Menjenguk, Ayah Chandrika Chika Gak Nyangka Anaknya Pakai Narkoba

Para narapidana ini akan dijaga 124 sipir dan instruktur olahraga. Mereka akan dibagi dalam beberapa kelompok. Bedanya dengan Tour de France sungguhan, para napi harus bersepeda secara berkelompok. Selain itu, untuk alasan yang jelas, peserta tidak boleh melakukan breakaway sprints atau ngebut meninggalkan rombongan.

Pejabat lembaga pemasyarakatan Sylvie Marion berharap balap sepeda ini akan mengajari kebersamaan dan meningkatkan kepercayaan diri pada narapidana. Sebagian besar narapidana ini harus menjalani hukuman antara lima hingga sepuluh tahun penjara.

"Tujuan program ini untuk membantu pemasyarakatan narapidana, kami ingin menunjukkan bahwa dengan berusaha, tujuan apa pun bisa tercapai," ujar Marion.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana
Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Saksi Ungkap SYL Setoran Uang Bulanan ke Istri Hingga Puluhan Juta

Pengadilan Tipikor kembali melanjutkan sidang kasus korupsi berupa pemerasan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian RI, salah satu terdakwanya Syahrul Yasin Limpo (SYL)

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024