AS Sadap Tiga Presiden Prancis

Presiden Perancis, Nicolas Sarkozy.
Sumber :
  • REUTERS/Charles Platiau
VIVA.co.id
Cara Negara Asia Tenggara Sadap Warga Negaranya
- Bocoran dokumen yang diunggah WikiLeaks, mengungkap penyadapan yang dilakukan Amerika Serikat (AS) atas tiga presiden Prancis, termasuk Francois Hollande yang saat ini masih menjabat.

AS Bantah Masih Sadap Prancis

Dikutip dari
Galaxy AI Hadir dalam Bahasa Indonesia, Cukup 3 Langkah
USA Today , Rabu, 24 Juni 2015, dokumen diplomatik memperlihatkan penyadapan terhadap Nicolas Sarkozy dan Jacques Chirac, terkait posisi Prancis dalam berbagai isu, termasuk soal Timur Tengah.


Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS Ned Price, menolak membenarkan atau menyanggah secara tegas, isu penyadapan tiga presiden, yang telah dipublikasi oleh berbagai media Prancis.


"Kami tidak melakukan aktivitas intelijen asing, kecuali ada kepentingan keamanan nasional yang spesifik dan tervalidasi. Ini dilakukan terhadap warga biasa maupun pemimpin dunia," katanya.


Penyadapan terhadap para pemimpin Eropa yang dilakukan AS, telah mencuat sejak beberapa tahun silam, dari berbagai dokumen diplomatik AS yang sebagian telah dibocorkan oleh WikiLeaks.


Dokumen Juni 2011, menyebut tentang upaya Sarkozy, untuk maju dengan inisiatif memulai kembali pembicaraan damai Timur Tengah, antara Israel dan Palestina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya