Sejak Berkuasa, Kim Jong Un Sudah Eksekusi 70 Pejabat

Kim Jong-un menyaksikan uji coba peluncuran rudal balistik dari kapal selam.
Sumber :
  • KCNA

VIVA.co.id - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah mengeksekusi 70 pejabat sejak berkuasa pada akhir 2011. Jumlah itu melebihi eksekusi yang dilakukan ayahnya, Kim Jong Il.

Korea Utara Berambisi Tancapkan Bendera di Bulan

Dilansir Al Arabiya, Jumat, 10 Juli 2015, Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Yun Byung Se dalam sebuah forum di Seoul membandingkan almarhum ayah Jong Un. Jong Il diketahui baru mengeksekusi 10 pejabat selama tahun pertama kekuasaanya. Sementara Jong Un telah mengeksekusi 70 pejabat.

Seorang pejabat dari Badan Intelijen Nasional Korea Selatan, yang enggan disebutkan namanya menegaskan, para agen mata-mata percaya jika Jong Un telah mengeksekusi 70 pejabat. Namun ia tidak mau mengungkapkan bagaimana informasi tersebut diperoleh.

Korut Retas Surat Elektronik Petinggi Korea Selatan

Eksekusi yang mengejutkan adalah pada 2013 lalu. Jong Un mengeksekusi pamannya, Jang Lagu Thaek, karena diduga berkhianat. Jang yang menikah dengan adik ayahnya, Kim Jong Il, dan pernah dianggap orang berkuasa kedua di Korea Utara.

Agen mata-mata Korea Selatan juga mengatakan, Jong Un mengeksekusi Menteri pertahanan Hyon Yong Chol pada Mei lalu. Eksekusi dilakukan dengan senapan karena Yong Chol tertidur saat Jong Un berpidato.

Korea Utara merupakan sebuah negara otoriter yang diperintah keluaga Kim sejak tahun 1948. Rahasia intern pemerintahannya dikumpulkan oleh pejabat intelijen Korea Selatan dan tidak mungkin untuk dikonfirmasi.

Korea Utara Nyatakan Perang Pada AS

(mus)

Tentara Korea Utara berjaga di depan roket Unha-3

Respons 'Miring' Ambisi Korea Utara Kirim Bendera ke Bulan

Korut masuk 10 negara yang berhasil dalam teknologi antariksa.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016