Aksi Warga Belgia Pamer Tarian Kuda Lumping

Aksi turis Belgia menari Kuda Lumping
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto
VIVA.co.id
Kembangkan BUMDes, Menteri Eko Minta Saran Gubernur Ini
- Sebanyak delapan turis asing memberikan sumbangsih di dunia pendidikan Indonesia dengan membangun Sekolah Alam di wilayah Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Delapan turis asing berasal dari Belgia.

Ganjar Curigai Aksi 9 Perempuan Rembang Cor Kaki di Istana
Di area tujuan wisata itu, warga Belgia yang terdiri atas enam perempuan dan dua pria juga berbagi ilmu pada anak-anak tentang manfaat hutan bagi lingkungan sekitar. Termasuk memberikan pendidikan bahasa asing kepada anak-anak di sekolah alam tersebut.

Indonesia Kecam Aksi Teror Brussels
"Mereka datang ke sini dalam sebuah misi pendidikan. Di sekolah alam mereka mengajarkan kepada anak-anak secara gratis Bahasa Inggris, Perancis, dan Jerman, " ujar Ketua Yayasan Tileng Belanda Kabupaten Banyumas, Tekad Santoso di Purwokerto, Jawa Tengah, Sabtu 22 Agustus 2015.

Warga Belgia itu secara gotong royong mendirikan sebuah kelas untuk siswa kelas V di wilayah hutan di Baturraden. Kelas tersebut rencananya akan digunakan untuk belajar para siswa di area tersebut.

Menurut Santoso, selama menjalani misinya turis asing juga banyak belajar tentang interaksi dengan warga lokal untuk mengenal lebih dalam permasalahan di Banyumas. Salah satunya mempelajari kebudayaan asli daerah setempat, seperti tari dan lagu.

"Kebetulan pas mereka di sini ada event kesenian di Jawa Tengah. Mereka akhirnya belajar tarian Kuda Lumping selama kurang dari dua minggu," kata dia.

Selama proses belajar di Banyumas, Santoso melanjutkan, warga Belgia memang sangat terbuka dan sangat menghargai kebudayaan Jawa. Utamanya saat belajar di sebuah sanggar Tari Sekar Lati, Desa Kemutuk Lor, Baturraden.

Hasilnya, ketika tampil menarikan menarikan tarian khas Jawa Tengah di hadapan Gubernur Ganjar Pranowo, mereka berhasil memukau penonton dan tampil sempurna di GOR Satria Purwokerto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya