RI dan Lithuania Sepakati Tiga Bidang Kerjasama

Menlu Retno Marsudi dan Menlu Lithuania, Linas Antanas Linkevicius
Sumber :
  • Akun Twitter Kementerian Luar Negeri RI
VIVA.co.id
'Cultural Coffee Morning', Promosi Indonesia ala Kemlu
- Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P Marsudi pada Kamis malam kemarin menerima kunjungan Menlu Lithuania, Linas Antanas Linkevicius, di Kementerian Luar Negeri di kawasan Pejambon, Jakarta Pusat. Pertemuan kemudian menghasilkan tiga nota kesepahaman (MoU).

Menlu Retno: Belum Ada Laporan WNI jadi Korban Bom Pakistan
Tiga MoU itu yakni mengenai konsultasi bilateral, bebas visa untuk pemegang paspor diplomatik dan dinas serta kerja sama ekonomi dan teknik. Pertemuan bilateral kedua Menlu berlangsung selama 30 menit. 

Diskusi Empat Jam, Bali Process Hasilkan Dua Dokumen
"Selama pertemuan, kami juga berdiskusi untuk memprioritaskan kerja sama bilateral yang berfokus di bidang pendidikan, energi terbarukan dan penerbangan," ujar Retno ketika memberikan keterangan pers. 

Khusus untuk bidang pendidikan, Retno menyebut ada tiga kerja sama yaitu di bidang informasi, komunikasi dan teknologi. 

"Indonesia dan Lithuania saling membangun kerja sama dengan beberapa universitas di kedua negara," kata Retno.

Dia juga berharap kesepakatan mengenai visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas ke Lithuania akan membuka peluang bagi WNI memperoleh visa Schengen. 

Sementara, Linkevicius, mengaku merasa terhormat, atas sambutan Menlu Retno kepada dia. Dia menyebut, ini menjadi kunjungan pertamanya ke Indonesia.

"Ini adalah suatu kerja sama penting dalam hubungan kedua negara," kata dia.

Linkevicius mengatakan tengah menjajaki kerja sama di bidang makanan dengan Indonesia di waktu mendatang. Lithuania terkenal akan kelezatan makanannya. 

"Saya setuju kerja sama yang tengah dijajaki kedua negara, menjadi suatu inisial yang bisa kita ditindaklanjuti dengan kerja sama yang lain," kata Linkevicius.

Terkait dengan bidang energi terbarukan, Linkevicius dijadwalkan akan bertemu dengab Menteri ESDM hari ini. Selain Menteri ESDM, Linkevicius juga dijadwalkan bertemu dengan Menteri Perhubungan. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya